PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI covid-19 DI SD IT CENDEKIA

Arif Budiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi covid-19 di SD IT Cendekia, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pengambilan data menggunakan kuisioner melalui Google Form. Subjek penelitian adalah guru, siswa dan orang tua/wali siswa. Hasil penelitian pelaksanaan PJJ pada perencanaan yaitu guru merancang pembelajaran (100%), guru merancang materi pembelajaran (81,25%), guru memiliki akses internet (75,00%), semangat siswa untuk mengikuti PJJ (63,10%), orang tua/wali siswa membantu mempersiapkan PJJ (95,37%), orang tua/wali siswa berpartisipasi membuat jadwal belajar anak (94,91%). Hasil pelaksanaan yaitu guru menggunakan TIK untuk PJJ (95,83%), guru berupaya melaksanakan PJJ (79,17%), siswa mampu menggunakan TIK untuk PJJ (76,79%), siswa mampu berinteraksi melalui PJJ (65,48%), orang tua/wali siswa memberikan bimbingan belajar (88,89%), orang tua/wali siswa membantu menggunakan TIK untuk PJJ (87,04%). Hasil penilaian yaitu guru melakukan proses penilaian (75,00%), siswa mengunduh dan mengirim tugas (88,69%), orang tua/wali siswa memberikan semangat dalam menyelesaikan tugas (75,00%).
Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Pelaksanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter