PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI “GARUDA PANCASILA” UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 1 SD

Alfian Syahera

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media video animasi Garuda Pancasila yang layak untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas I SD Negeri Corongan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dari 7 tahap pengembangan Borg & Gall yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2)perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan,. Tempat pelaksanaan penelitian adalah SD Negeri Corongan. Subjek uji coba lapangan awal adalah 5 siswa, subjek uji coba lapangan adalah 10 siswa, dan uji lapangan sebanyak 10 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, angket validasi materi, angket validasi media, dan angket untuk siswa. Data yang sudah ada kemudaian diolah untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan.
Penelitian menghasilkan media video animasi Garuda Pancasila yang layak dengan menempuh 8 langkah dari Borg & Gall. Media ini mendapatkan penilaian dari ahli materi sebanyak 77,5%(Layak), dari ahli media mendapatkan penilaian 80%(Layak). Dan penilaian dari 8 siswa kelas I sebagai subjek dalam pelaksanaan uji coba lapangan mendapatkan nilai 92%(Sangat Layak). Rata-rata hasil dari penilaian terhadap media akhir adalah 83%(Layak). Secara kuantitatif media video animasi Garuda Pancasila layak digunakan.
Kata kunci : media video animasi, Garuda Pancasila

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter