PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGENAL ALAT GERAK MANUSIA (ARASIA) UNTUK SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA

Bayu Samodro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran tentang alat gerak manusia bagi siswa kelas V SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang disebut sebagai model Four-D. Namun, desain pegembangan multimedia pembelajaran interaktif ini hanya meliputi tiga langkah yang terdiri dari define, design, dan develop. Media yang dikembangkan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi sebelum diuji cobakan kepada guru dan siswa. subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 1 guru dan 24 siswa kelas V. Uji coba perorangan melibatkan 3 siswa, uji coba kelompok kecil melibatkan 6 siswa, dan 15 siswa saat uji coba lapangan luas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, dan angket uji kelayakan pengguna. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara statistik deskriptif, sedangkan untuk melihat kelayakan dilakukan dengan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah 1) validasi ahli media mendapat rata- rata skor 4.57 “Sangat Baik”, 2) validasi ahli materi mendapat rata-rata skor 4.7 “Sangat Baik”, 3) uji coba perorangan mendapat rata-rata skor 4.07 “Baik”, penilaian dari guru mendapat skor 4.9 “Sangat Baik”, 4) uji coba kelompok kecil mendapat rata-rata skor 3.39 “Baik”, dan 5) uji coba lapangan lebih luas mendapat rata-rata skor 4.32 “Sangat Baik”. Berdasarkan data yang didapatkan, multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: multimedia interaktif, alat gerak manusia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter