KETERCAPAIAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH DI BALAI DIKLAT PUPR YOGYAKARTA

Diana Lusi Rinasari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan pengadaan barang/jasa pemerintah Tahun 2019 di Balai Pendidikan dan Pelatihan PUPR Wilayah V Yogyakarta jika ditinjau dari aspek context, input, process, dan product dalam model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan metode. Hasil evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan model CIPP menunjukkan bahwa program pendidikan dan pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di Balai Pendidikan dan Pelatihan PUPR Wilayah V Yogyakarta belum sesuai dengan standar ideal pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.
Kata kunci: pendidikan dan pelatihan, model CIPP, evaluasi program

Abstract
This study aims to determine the achievement of the implementation of education and training programs for government goods/services procurement in 2019 at the PUPR Education and Training Center in Region V Yogyakarta if viewed from aspects of context, input, process, and product in the CIPP evaluation model. This research is an evaluative study using a descriptive approach. Data collection techniques are carried out by the method of observation, interviews, and document studies. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The triangulation used is the source and method. The evaluation results carried out using the CIPP model indicate that the 2019 Government Procurement of Goods / Services Procurement education and training program at the PUPR Education and Training Center in Yogyakarta Region V is not in accordance with the ideal standards for education and training.
Keywords: education and training, the model CIPP, program evaluation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter