IMPLEMENTASI METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Atiqah Uwatun Hasanah, suyato suyato

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan metode Student Create Case Studies; (2) Pengaruh metode pembelajaran Student Create Case Studies terhadap hasil belajar peserta didik; dan (3) Keefektifan metode pembelajaran Student Create Case Studies terhadap hasil belajar peserta didk pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Sebanyak 26 peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Imogiri dijadikan sampel penelitian dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji N-Gain dengan bantuan program SPSS V26.0. Hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode Student Created Case Studies dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000; (2) Metode pembelajaran Student Created Case Studies berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed)  sebesar 0,020; (3) Penerapan metode pembelajaran Student Created Case Studies kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik karena persentase skor N-Gain rata-rata kelompok eksperimen dibawah 56%, yaitu sebesar 48,36% pada mata pelajaran PPKN di SMA Muhammadiyah Imogiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.