KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DIAN GITAYA

Faiq Abdul Aziz, Dr. Endang Mulyatiningsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan di LKP Dian Gitaya yang terbagi
menjadi enam dimensi kualitas jasa yaitu : (1) Non-academic Aspects, (2) Academic Aspects, (3) Reputation, (4)
Access, (5) Program Issues, dan (6) Understanding. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan
pendekatan kualitatif yang berlokasi di LKP Dian Gitaya Kotabaru Yogyakarta pada bulan Januari hingga bulan Mei
2017. Subyek pada penelitian ini adalah enam peserta didik angkatan ke-46, satu peserta didik dari angkatan ke-47,
dua instruktur, dan seorang karyawan LKP Dian Gitaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, model data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Non-academic Aspects mempunyai kualitas yang cukup baik,
(2) Academic Aspects mempunyai kualitas yang baik pada seluruh aspeknya, (3) Reputation mempunyai kualitas
yang masih kurang, (4) Access mempunyai kualitas yang cukup baik, (5) Program Issues mempunyai kualitas yang
sudah cukup baik, dan (6) Understanding mempunyai kualitas yang masih kurang.
 
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Lembaga Kursus dan Pelatihan
 
Abstract
The purpose of this research is to measure quality service education in course and training institute (LKP)
Dian Gitaya which dimension of the quality service is divided into six aspetcs: (1) Non-academic Aspects, (2)
Academic Aspects, (3) Reputation, (4) Access, (5) Program Issues, and (6) Understanding. This research is a study
case research using qualitative approach which takes place at LKP Dian Gitaya Kotabaru Yogyakarta, in January
to May 2017. Subjects of this research are six students from batch 46, one student from batch 47, two instructors,
and an employee of LKP Dian Gitaya. Interview, observation, and documentation are used as the method to collect
data. To test reliability of this research, researcher uses triangulation method which involves different sources and
techniques. Miles and Huberman model of data analyzing is used in this research which consists of three steps, which
are data reduction, data display, and data drawing/verifying. Result of this research are: (1) Non-academic Aspects
has acceptable quality, (2) Academic Aspects has good quality at all aspects, (3) Reputation has poor quality, (4)
Access has acceptable quality, (5) Program issues has acceptable quality, and (6) Understanding has poor quality.
 
Keywords: Quality Service, Course and Training Institute


Full Text:

PDF

References


Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan:

Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada.

Firdaus Abdullah. (2005). The development of

HEdPERF: A New Measuring Instrument

of Service Quality For The Higher

Education Sector. International Journal of

Consumer Studies (30, 6) Hlm. 569-581

Gabrilin, Abba. (2014). Anies Baswedan Sebut

Pendidikan Indonesia Gawat Darurat.

Diakses dari

http://www.edukasi.kompas.com/read/201

/12/01/13455441/aniese.baswedan.sebut.

pendidikan.indonesia.gawat.darurat pada

tanggal 13 Desember 2016, Jam 06.14

WIB.

Ghony, M. Djunaidi & Almanshur, Fauzan.

(2012). Metode Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Herdiansyah, Haris. (2015). Metodologi

Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi.

Jakarta: Salemba Humanika.

Ida Kintamani Dewi Hermawan. (2012). Kinerja

Pendidikan Kesetaraan Sebagai Salah Satu

Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan (Vol.18,

Nomor 1). Hlm. 65-53

Klaus Scwhab. (2016). The Global

Competitivness Report 2016-2017. World

Economic Forum. Hlm. Xiii,29.

Kutha Ratna, Nyoman. (2010). Metodologi

Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu-Ilmu

Sosial Humaniora Pada Umumnya.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lorentya Yulianti Kurnianingtyas & Mahendra

Adhi Nugroho. (2012). Implementasi

Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik

Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan

Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas x

Akuntansi 3 SMK Negeri Yogyakarta

Kualitas Pelayanan Pendidikan .... (Faiq Abdul Aziz)

Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal

Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol. X,

No.1). Hlm. 66-67.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian

Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan

Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Punch, Keith F. (2009). Intruduction to Research

Method in Education. London: Sage.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang

Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Sekretariat Kabinet

RI. Jakarta.

Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah

Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005

tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.

Sallis, Edward. (2012). Manajemen Mutu Terpadu

Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sri Yona. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal

Keperawatan Indonesia (Volume 10, No.

. Hlm. 76-80.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i4.8391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1