FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KONTINENTAL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BOJONGSARI PURBALINGGA

Amanatul Isnani, Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesulitan belajar siswa pada Mata Pelajaran
Kontinental ditinjau dari faktor internal yang terdiri dari sikap siswa terhadap belajar, motivasi siswa,
konsentrasi dan keinginan belajar, (2) kesulitan belajar siswa pada Mata Pelajaran Kontinental
ditinjau dari faktor eksternal yang terdiri dari guru, fasilitas, kebijakan penilaian, lingkungan dan hasil
belajar, dan (3) faktor dominan antara faktor internal dan eksternal yang menjadi faktor kesulitan
belajar siswa pada mata pelajar kontinental. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X JB SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga, dengan
jumlah sampel satu kelas yang terdiri 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket/kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus
korelasi product moment menunjukkan bahwa semua butir valid dan reliabilitas menggunakan rumus
Alpha Croncbach diperoleh hasil 0,955. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor internal yang terdiri dari sikap siswa terhadap belajar,
motivasi siswa, konsentrasi dan keinginan belajar sebagai penyebab kesulitan belajar siswa
ditunjukkan pada kategori tinggi (50%), (2) faktor eksternal yang terdiri dari guru, fasilitas, kebijakan
penilaian, lingkungan dan hasil belajar sebagai penyebab kesulitan belajar siswa tunjukkan dalam
kategori tinggi (86,1%), dan (3) Faktor dominan penyebab kesulitan belajar berasal dari faktor
eksternal yaitu lingkungan (94,4%).

Kata kunci: faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa, prestasi belajar
Abstract
This study aims to determine: (1) the difficulty of students in the Subject Continental in terms
of factors Internal consisting of students' attitudes toward learning, student motivation, concentration
and desire to learn, (2) the difficulty of students in the Subject Continental in terms of a factor
External which consists of the Master, facilities, Policy Assessment, Environment and learning
Outcomes, and (3) the dominant factor between internal and external factors that factor into students'
learning difficulties in students eyes continental. This type of research is decriptif. The population in
this study were students of class X SMK 1 Bojongsari JB Purbalingga, with a sample of one class of
36 students. The technique of collecting data using questionnaires / questionnaire and documentation.
The validity of the instrument is done by using the formula product moment correlation and reliability
using Alpha formula Croncbach. Data were analyzed using descriptive analysis. The results showed
that: (1) internal factors as the cause of learning difficulties students are assessed at high category
(50%), (2) external factors as a cause of learning difficulties students are assessed in the high
category (86.1%), and (3 ) the dominant factors that cause learning difficulties derived from external
factors environmental indicators (94.4%).

Keywords: Factors Contributing to Student Learning Difficulties, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Supriyono.(2003). Definisi

kesulitan balajar. Diakses dari

https://infokmu.blogspot.co.id/2015/09/definisi

-kesulitan-belajar-menurutahli.html.

Pada

tanggal

januari

,

jam

15 WIB

Djamarah.(2003). Kesulitan belajar.Diakses

dari https://infokmu.blogspot.co.id/2015/09/definisi

-kesulitan-belajar-menurutahli.html.

Pada

tanggal

januari

,

jam

30 WIB

Dimyanti dan Mudjiono.(1994). Faktor

kesulitan belajar siswa. Diakses dari

https://zaifbio.wordpress.com/tag/ke

sulitan-belajar/. Pada tanggal 2

Januari 2016, jam 11.45 WIB.

Rustandy, T. (1996). Solusi mengatasi

kesulitan belajar. Diakses dari

https://pgribanjarsari.

wordpress.com/2010/01/10/52/.

Pada tanggal 2 Januari, jam 16.04

WIB

Sudjana. (1986). Definisi penelitian

deskriptif. Diakses dari www.ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/

data/pdf/jurnal_mhs/.../ERA1D0090

pdf.

Pada

tanggal

Januari,

jam

00

WIB

Sutja dkk.(2010). Definisi penelitian

deskriptif. Diakses dari www.ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/

data/pdf/jurnal_mhs/.../ERA1D0090

pdf.

Pada

tanggal

Januari,

jam

45 WIB




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i4.8388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1