ANALISIS TENTANG AUTHENTIC ASSESMENT DALAM BENTUK PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN BOGA DASAR DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Desy Marda Ningsih, Dr. Kokom Komariah

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui besar sumbangan implementasi tugas portofolio dalam
mendukung kajian kompetensi dasar mata pelajaran boga dasar kelas X Jasa Boga 2. 2) mengetahui apakah
tugas portofolio yang diberikan sudah sesuai dengan kriteria penulisan yang telah dibuat dengan
menggunakan acuan literatur dan rubrik penilaian guru. 3) mengetahui manfaat yang diperoleh siswa pada
mata pelajaran boga dasar dengan menggunakan penilaian portofolio. Desain penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah
sebagai berikut: (1) besar sumbangan implementasi tugas portofolio dalam mendukung kajian kompetensi
dasar mata pelajaran boga dasar kelas X Jasa Boga 2 adalah sebesar 56,8%. (2) Kesesuaian tugas portofolio
dengan kriteria yang telah dibuat dengan menggunakan acuan literatur yaitu pada aspek kerapian dokumen
sebesar 100%, waktu sebesar 87,5%, tujuan sebesar 66,13%, sistematika 65,25% dan materi 56,25%. (3)
Manfaat yang diperoleh siswa dari penerapan penilaian portofolio yaitu a) orang tua dapat memantau tugas
yang dikerjakan oleh anak; b) keterampilan mengolah informasi dari media; c) terampil mencari referensi
materi dan narasumber untuk penugasan; d) dapat dikerjakan dengan bantuan orang lain; e) mudah
mengulang materi yang telah diajarkan saat dibutuhkan dan mempunyai dokumentasi pendukung dalam
presentasi di lain waktu; f) memberikan kritik dan saran; g) melatih kerjasama dalam kelompok jika tugas
bersifat kelompok.

Kata kunci : Authentic Assesment, Portofolio.

THE ANALYSIS ABOUT AUTHENTIC ASSESMENT OF PORTOFOLIO IN BASIC
CULINARY SUBJECT IN SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

ABSTRACT
This study aims to: 1) know the contribution of the implementation of tasks in the portfolio support the study
of the basic competencies of basic culinary subjects in class X Hospitality 2. 2) determine whether a given
task portfolios are in accordance with the criteria of writing that has been made using literature references
and rubrics teacher ratings. 3) know the benefits obtained by the students in basic culinary subjects by using
a portfolio assessment. The study design used in this research is descriptive research with case study
approach. The results of this study are as follows: (1) The contribution of the implementation of tasks in the
portfolio support the study of the basic competencies of basic culinary subjects Hospitality class X 2 is
56.8%. (2) Compliance with the portfolio assignment criteria that have been made using literature
references that is the aspect of neatness document at 100%, while 87.5% of interest of 66.13%, 65.25% and
materials systematics 56.25%. (3) The benefits obtained by the students of the application portfolio
assessment that a) the parents can monitor the jobs done by children; b) the skills to process information
from the media; c) skilled at finding reference material and speakers for the assignment; d) can be done with
the help of others; e) easy to repeat material that has been taught when needed and have the supporting
documentation in a presentation at a later time; f) provide criticism and suggestions; g) training cooperation
within the group if the task is a group.

Keywords : Authentic Assesment, Portofolio


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid & Aep S. Firdaus. (2014).

Penilaian Autentik. Bandung: Interes

Media.

Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.

Remaja Rosda Karya.

Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia Nomor 104 Tahun 2014

tentang Penilaian.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang

RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

Restu Kartiko Widi. (2010). Asas Metodologi

Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri Hapsari. (2006). Bahasa Indonesia

Penulisan dan Penyajian Karya

Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Utomo Dananjaya. (2013). Media

Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Cendekia.

Wina Sanjaya. (2006). Pembelajaran dalam

Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i3.7301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1