PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU GIZI KELAS X PATISERI SMKN 1 SEWON PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU GIZI KELAS X PATISERI SMKN 1 SEWON PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU GIZI KELAS X PATISERI SMKN 1 SEWON

Dyah Agustin Prihatini, Sri Palupi, M.Pd

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode PBL menggunakan media
kartu kata bergambar dalam mata pelajaran ilmu gizi, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas X
Patiseri mata pelajaran ilmu gizi, dan (3) aktivitas sikap siswa pada mata pelajaran ilmu gizi dengan
metode PBL menggunakan media kartu kata bergambar di kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Jenis
penelitian adalah PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2016 di
Kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) penerapan metode PBL menggunakan media kartu kata bergamba pada mata pelajaran ilmu gizi
berjalan lancar, di siklus pertama terlaksana 94% dan siklus kedua terlaksana 100%. (2)Terjadi
peningkatan hasil belajar dengan metode PBL. Nilai rerata kedua siklus menunjukkan peningkatan
skor sebesar 16.9. Jumlah siswa tuntas meningkat sebanyak 20 orang. (3) Aktivitas sikap siswa sesuai
metode PBL meningkat. Siklus pertama terlaksana 80% dan siklus kedua terlaksana 100% melalui
tahap enactive, iconic, dan symbolic.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, mata pelajaran ilmu gizi
THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING METHOD TO INCREASE
STUDENTS LEARNING RESULT ON NUTRITIONAL SCIENCE SUBJECT IN X PASTRY
CLASS AT SMKN 1 SEWON
ABSTRAC
The goals of this research are knowing: (1) the way to implemented PBL methods with word
picture card on nutritional science subject, (2)to increase students learning result of X class pastry on
nutritional science subject, and (3)the activity of student behavior using PBL methods with word
picture card on nutritional science subject. Type of this research is classroom action research with
Kemmis and Mc Taggart model, hold on August 2016 in X Pastry class at SMKN 1 Sewon. Data
analysis technique used descriptive quantitative and qualitative. The research showed: (1)implementation PBL methods with word picture card on nutritional science subject runs well , on the
first cycle was 94% and second cycle was 100%. (2) Increased learning result with PBL method. The
mean of those cycle showing increased 16.9 score. The number of students completed was increased
20 people. (3)the activity of student behavior using PBL methods was increased. First cycle was
implemented 80% and second cycle was 100% done through by enactice, iconic, and symbolic step.
Key word: Problem Based Learning (PBL), learning result, nutritional science subject.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode PBL menggunakan media
kartu kata bergambar dalam mata pelajaran ilmu gizi, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas X
Patiseri mata pelajaran ilmu gizi, dan (3) aktivitas sikap siswa pada mata pelajaran ilmu gizi dengan
metode PBL menggunakan media kartu kata bergambar di kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Jenis
penelitian adalah PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2016 di
Kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) penerapan metode PBL menggunakan media kartu kata bergamba pada mata pelajaran ilmu gizi
berjalan lancar, di siklus pertama terlaksana 94% dan siklus kedua terlaksana 100%. (2)Terjadi
peningkatan hasil belajar dengan metode PBL. Nilai rerata kedua siklus menunjukkan peningkatan
skor sebesar 16.9. Jumlah siswa tuntas meningkat sebanyak 20 orang. (3) Aktivitas sikap siswa sesuai
metode PBL meningkat. Siklus pertama terlaksana 80% dan siklus kedua terlaksana 100% melalui
tahap enactive, iconic, dan symbolic.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, mata pelajaran ilmu gizi
THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING METHOD TO INCREASE
STUDENTS LEARNING RESULT ON NUTRITIONAL SCIENCE SUBJECT IN X PASTRY
CLASS AT SMKN 1 SEWON
ABSTRAC
The goals of this research are knowing: (1) the way to implemented PBL methods with word
picture card on nutritional science subject, (2)to increase students learning result of X class pastry on
nutritional science subject, and (3)the activity of student behavior using PBL methods with word
picture card on nutritional science subject. Type of this research is classroom action research with
Kemmis and Mc Taggart model, hold on August 2016 in X Pastry class at SMKN 1 Sewon. Data
analysis technique used descriptive quantitative and qualitative. The research showed: (1)implementation PBL methods with word picture card on nutritional science subject runs well , on the
first cycle was 94% and second cycle was 100%. (2) Increased learning result with PBL method. The
mean of those cycle showing increased 16.9 score. The number of students completed was increased
20 people. (3)the activity of student behavior using PBL methods was increased. First cycle was
implemented 80% and second cycle was 100% done through by enactice, iconic, and symbolic step.
Key word: Problem Based Learning (PBL), learning result, nutritional science subject.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan metode PBL menggunakan media
kartu kata bergambar dalam mata pelajaran ilmu gizi, (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas X
Patiseri mata pelajaran ilmu gizi, dan (3) aktivitas sikap siswa pada mata pelajaran ilmu gizi dengan
metode PBL menggunakan media kartu kata bergambar di kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Jenis
penelitian adalah PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan bulan Agustus 2016 di
Kelas X Patiseri SMK N 1 Sewon. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes.
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan:
(1) penerapan metode PBL menggunakan media kartu kata bergamba pada mata pelajaran ilmu gizi
berjalan lancar, di siklus pertama terlaksana 94% dan siklus kedua terlaksana 100%. (2)Terjadi
peningkatan hasil belajar dengan metode PBL. Nilai rerata kedua siklus menunjukkan peningkatan
skor sebesar 16.9. Jumlah siswa tuntas meningkat sebanyak 20 orang. (3) Aktivitas sikap siswa sesuai
metode PBL meningkat. Siklus pertama terlaksana 80% dan siklus kedua terlaksana 100% melalui
tahap enactive, iconic, dan symbolic.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), hasil belajar, mata pelajaran ilmu gizi
THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING METHOD TO INCREASE
STUDENTS LEARNING RESULT ON NUTRITIONAL SCIENCE SUBJECT IN X PASTRY
CLASS AT SMKN 1 SEWON
ABSTRAC
The goals of this research are knowing: (1) the way to implemented PBL methods with word
picture card on nutritional science subject, (2)to increase students learning result of X class pastry on
nutritional science subject, and (3)the activity of student behavior using PBL methods with word
picture card on nutritional science subject. Type of this research is classroom action research with
Kemmis and Mc Taggart model, hold on August 2016 in X Pastry class at SMKN 1 Sewon. Data
analysis technique used descriptive quantitative and qualitative. The research showed: (1)implementation PBL methods with word picture card on nutritional science subject runs well , on the
first cycle was 94% and second cycle was 100%. (2) Increased learning result with PBL method. The
mean of those cycle showing increased 16.9 score. The number of students completed was increased
20 people. (3)the activity of student behavior using PBL methods was increased. First cycle was
implemented 80% and second cycle was 100% done through by enactice, iconic, and symbolic step.
Key word: Problem Based Learning (PBL), learning result, nutritional science subject.


Full Text:

PDF

References


Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. 2014.

Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt

Remaja Rosdakarya.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Badan Pengembangan SDM Kebudayaan

dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Model Pembelajaran

Penemuan (Problem based

learning). Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Pengembangan SDM Kebudayaan

dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Model Pembelajaran

Penemuan (Problem based

learning). Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Badan Pengembangan SDM Kebudayaan

dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Model Pembelajaran

Penemuan (Problem based

learning). Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas

untuk Guru. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas

untuk Guru. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas

untuk Guru. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Kemmis, Stephen and McTaggart, Robin.

The Action Research planner,

rd Edition. Victoria: Deakin

University.

Kemmis, Stephen and McTaggart, Robin.

The Action Research planner,

rd Edition. Victoria: Deakin

University.

Kemmis, Stephen and McTaggart, Robin.

The Action Research planner,

rd Edition. Victoria: Deakin

University.

Sadia. 2003. Pembelajaran Konvensional.

Diakses 10 Februari 2016 dari

http://www.mahirkb.tripod.com/ole

hbaca.htm/

Sadia. 2003. Pembelajaran Konvensional.

Diakses 10 Februari 2016 dari

http://www.mahirkb.tripod.com/ole

hbaca.htm/

Sadia. 2003. Pembelajaran Konvensional.

Diakses 10 Februari 2016 dari

http://www.mahirkb.tripod.com/ole

hbaca.htm/

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Utomo Dananjaya. 2013. Media

Pembelajaran Aktif. Cet. III.

Bandung: Nuansa Cendekia.

Utomo Dananjaya. 2013. Media

Pembelajaran Aktif. Cet. III.

Bandung: Nuansa Cendekia.

Utomo Dananjaya. 2013. Media

Pembelajaran Aktif. Cet. III.

Bandung: Nuansa Cendekia.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi

Pembelajaran. Band




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i2.7298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1