TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS KOPI DAN KUALITAS PELAYANAN DI KAFE KOPI GARASI CANDI WINANGUN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Elan Diwangkoro, Dewi Eka Murniati, M.M

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kepuasan konsumen terhadap
kualitas kopi di Kafe Kopi Garasi, dan Tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas
pelayanan di Kafe Kopi Garasi. Penelitian ini menggunakan desain ex post facto dengan
pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Kafe Kopi Garasi. Tehnik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah IPA (Importance-Performance Analysis). Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Konsumen belum puas terhadap kinerja “kafe Kopi
Garasi” pada kualitas produk, Analisis dengan menggunakan metode IPA, atribut rasa,
aftertaste, dan sweetnes menjadi prioritas utama, Sub variabel body dan aroma menjadi
prioritas prestasi, Sub variabel keasaman menjadi prioritas rendah, dan konsumen belum puas
terhadap kinerja “kafe Kopi Garasi” pada kualitas pelayanan, hasil analisis dengan
menggunakan metode IPA, sub variabelKeandalan (realbility) menjadi prioritas utama, Sub
variabel bukti langsung, daya tangkap, dan jaminan menjadi prioritas prestasi, dan Sub
variabel empati menjadi prioritas rendah.

Kata-kata kunci: kualitas kopi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, kafe, kopi

Abstract
This study aims to determine the influence coffee quality and service quality towards
Customer Satisfaction of The Kafe’ Kopi Garasi. This research used an ex post facto design
with a quantitative approach. The data collection method used was questionnaire. The
population of this research consisted of all cutomers of Kafe Kopi Garasi. IPA (ImportancePerformance
Analysis)
was
used as the
main technique
to analyse
the data.
The
results
of this

study

are, consumers are not satified on the performance of the Kafe Kopi Garasi toward
coffee quality, The result of the analysis using IPA, the sub variables taste, aftertaste, and
sweetnes became a top priority, the sub variables body and flavor became achievements
priority, and the sub variable acidity became low priority. Consumers are not satified on
performance of the Kafe Kopi Garasi toward serivce quality.The result of the analysis using
IPA, and the sub variable realbility became a top priority, the sub variables tangibles,
responsiveness, assurance became achievements priority, and the sub variable empathy
became low priority.

Key words: coffee quality, service quality, Customer Satisfaction, kafe’, cofffee


Full Text:

PDF

References


Arie, Satryo W. 2013. Analisis Kepuasan

Konsumen Terhadap Pelayanan KRI.

Commuter Line Bogor Indonesia.

Skripsi. Institut Pertanian Bogor

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran.

Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa

Benyamin Molan. Jakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran.

Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa

Benyamin Molan. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Pemasaran Jasa.

Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rahardjo, Pudji. 2012. KOPI Panduan Budi

Daya dan Pengolahan Kopi Arabika

dan Robusta. Jakarta: Penebar

Swadaya

Schiffman, Leon. G and Kanuk, Leslie

Lazar.2004.Consumer Behavior 8

edition. Pearson Prentice Hall

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sulistya, Witri Yuliah.2015. Analisa Tingkat

Kepuasan Konsumen Terhadap

Pelayanan Smartfren Palembang.

Skripsi. Universitas Bina Darma

Tjiptono, Fandy. 2011. Service, Quality and

Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i2.7297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1