PENGEMBANGAN KOMIK MENYUSUN MENU UNTUK REMAJA SISWA KELAS X JASA BOGA SMKN 1 SEWON

Rezky Faradilla, Fitri Rahmawati, M.P

Abstract


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk: 1) mengembangkan komik menyusun menu untuk remaja bagi siswa
kelas X Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon dan 2) mengetahui kelayakan komik menyusun menu
untuk remaja bagi siswa kelas X Jasa Boga di SMK Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian adalah R&D
dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi Tim Puslitjaknov. Penelitian dilaksanakan bulan
Januari-Oktober 2016. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X Jasa Boga sejumlah 126 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu (1) komik menyusun menu untuk remaja
dikembangkan melalui 5 tahapan : melakukan analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan
produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. (2) Komik
dinyatakan “layak” oleh ahli materi dengan rerata skor 70,5 (77%). Komik dinyatakan “sangat layak”
oleh ahli media dengan rerata skor 80 (100%). Komik dinyatakan “sangat layak” oleh siswa pada uji
coba skala kecil dengan rerata skor 106,16 (83%) dan dinyatakan “sangat layak” oleh siswa pada uji
coba skala besar dengan rerata skor besar 111,68 (87%).

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, Menyusun Menu untuk Remaja

COMIC DEVELOPMENT COMPOSING MENU TO TEENAGERS FOR STUDENTS CLASS X
FOOD SERVICE AT STATE VOCATIONAL SCHOOL 1 SEWON

ABSTRACT
The objective of this research was to study: 1) the development of comic composing menu to
teenagers in the science of nutrition courses for students class X food service at state vocational
school 1 Sewon, and 2) the feasibility of comic product composing menu to teenagers in the science of
nutrition courses for students class X food service at state vocational school 1 Sewon. This research
type was a research and development consisted of several steps as follows Borg and Gall model that
has been modified by Puslitjaknov team. This research was done in January-October 2016 at state
vocational school 1 Sewon. The subject of this research was 126 students of class X food service. Data
collection was done using observation, interviews, and questionnaires. Data were analyzed by
descriptive statistical analysis. The result showed that: (1) the development of comic was product
analysis developed, developed the product, validation expert and revision, small scale trial and large
scale trial. (2) The comic was feasible according to matter expert with mean scor 70,5 (77%). The
comic was very feasible according to media expert with mean scor 80 (100%). The comic was very
feasible according to students in small scale trial with mean scor 106,16 (83%) and very feasible
according to students in large scale trial with mean scor 111,68 (87%).

Keyword: Learning Media, comic, composing menu to teenagers


Full Text:

PDF

References


Dana Rizki N. A. (2011). Pengembangan

Komik Pengukuran Dasar untuk

Pengembangan Komik Menyusun... (Rezky) 9

Meningkatkan Prestasi Siswa SMK

Ma’arif Salam. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta

Darwanto. (2011). Televisi Sebagai Media

Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode

Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Indriana Mei Listiyani. (2012).

Pengembangan Komik sebagai Media

Pembelajaran Akuntansi pada

Kompetensi Dasar Persamaan Dasar

Akuntansi untuk Siswa Sma Kelas XI.

Jurnal Pendidikan Akuntansi

Indonesia, Vol X. No. 2, Tahun 2012

halaman 80-94.

Kementerian Kesehatan RI, Badan

Penelitian dan Pengembangan

Kesehatan (Balitbang) Riset

Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2012,

Laporan Nasional. Balitbang, Jakarta

Nana Sudjana dan Akhmad Rivai. (2002).

Media Pengajaran. Bandung: Sinar

Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukandarrumidi. (2006). Metodoligi

Penelitian Petunjuk Praktis untuk

Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode

Penelitian Pengembangan. Jakarta:

Pusat Penelitian Kebijakan dan

Inovasi Pendidikan Badan Penelitian

dan Pengembangan Departemen

Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i2.7292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1