PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSANPEMBELIAN DI CALZONE EXPRESS CABANG KLITREN

Oktavia Wulansari, Andian Ari Anggraeni, M.Sc

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) persepsi pembeli terhadap citra merek Calzone Express, (2)
pengambilan keputusan terhadap pembelian Calzone di Calzone Express, dan (3) pengaruh persepsi pembeli pada
citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian Calzone di Calzone Express. Penelitian dilakukan di
PTBB UNY dan Calzone Express Cabang Klitren pada bulan Februari-Oktober 2016. Penelitian ini merupakan
penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian
diketahui bahwa: (1) persepsi pembeli terhadap citra merek Calzone Express dinilai sebesar 25,89% responden
dengan kategori sangat tinggi, 17,48% responden menilai dengan kategori tinggi, 34,95% responden menilai
dengan kategori rendah, dan yang menilai dengan kategori sangat rendah sebesar 21,04% responden, (2)
pengambilan keputusan pembelian dinilai sebesar 18,24% responden pada kategori sangat tinggi, 46,58%
responden dengan kategori tinggi, kategori rendah sebesar 30,29% responden, dan 4,89% responden dengan
kategori sangat rendah, (3) terdapat korelasi dengan nilai sedang antara variabel citra merek dan variabel keputusan
pembelian dari uji korelasi product moment dengan nilai positif 0,415 dan hubungan yang signifikan antara dua
variabel ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (0,00<0,05). Besarnya nilai sumbangan citra
merek terhadap keputusan pembelian sebesar 17,2%, sedangkan sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi oleh faktorfaktor
lain
yang
tidak
termasuk
dalam
variabel
penelitian.


Kata kunci: citra merek, keputusan pembelian, Calzone Express

 

This study aims to determine: (1) consumer perception of brand image in Calzone Express, (2) decision
making to purchase Calzone in Calzone Express, and (3) effect of consumer perception of brand image on decision
making to purchase Calzone in Calzone Express. This research was conducted in Home Economic Department
Yogyakarta State University and Calzone Express Klitren Branch at February-October 2016. The type of the
study was quantitative descriptive. Data were collected by questionnaire. The results of the study are as follow: (1)
consumer perception of brand image shows very high category of 25,89%, high category of 17,48%, low category
of 34,95%, and very low category of 21,04%, (2) decision making to purchase Calzone shows very high category
of 18,24%, high category of 46,58%, low category of 30,29%, and very low category of 4,89%, and (3) the product
moment correlation between consumer perception of brand image and decision making to purchase Calzone is
0,415 and significance of 0,000, therefore shows a medium correlation. The effect of consumer perception of
brand image to decision making to purchase Calzone is 17,2%, while the remaining 82,8% is influenced by other
factors.

Keyword: brand image, decision making, Calzone Express


Full Text:

PDF

References


Alfian B. 2012. “Pengaruh Citra Merek (Brand

Image) terhadap Pengambilan Keputusan

Pembelian Mobil Kijang Innova pada PT.

Hadji Kalla cabang Polman”. Skripsi.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas

Hasanuddin.

Djemari M. 2008. Tekhnik Penyusunan

Instrumen Test dan Nontest. Yogyakarta:

Mitra Cendikia Press.

Fandy T. 2011. Manajemen & Strategi

Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Kotler P, and Amstrong G. 2008. Prinsipprinsip

Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani T. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi

Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta :

Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i1.6761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1