PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATERI GULA DAN HASIL OLAHNYA

Fatimah Fatimah, Nani Ratnaningsih, M.P

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pengembangan media pembelajaran menggunakan
Adobe Flash, 2) kelayakan produk media pembelajaran Adobe Flash, 3) hasil belajar siswa kelas X Jasa
Boga 3 setelah menggunakan produk media pembelajaran Adobe Flash. Metode penelitian ini yaitu
penelitian dan pengembangan dengan prosedur pengembangan meliputi: analysis, planning, design,
development, validation and test. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, tes
hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1)
media pembelajaran dikembangkan melalui tahap analysis (melakukan identifikasi kebutuhan); planning
(menentukan tujuan pembelajaran dan pengguna); design (pengumpulan materi, pembuatan desain awal,
story board dan instrumen penelitian); development (pembuatan media) dan validation and test (validasi oleh
ahli media dan ahli materi), 2) media pembelajaran dinyatakan sangat layak oleh ahli, 25% siswa
menyatakan sangat layak, 75% menyatakan layak, 3) siswa lulus KKM meningkat, kelompok prestasi
kategori tinggi meningkat, tingkat pengetahuan aspek C1 kategori sangat tinggi meningkat, C2 tidak ada
perubahan, C3 kategori rendah berkurang dan C4 kategori rendah meningkat.

Kata kunci: Gula dan Hasil Olahnya, Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional CS6

 

The objectives of this research were to study: 1) the development of learning media using Adobe Flash
software, 2) the feasibility of learning media product, and 3) the learning achievement of students from class
X Jasa Boga 3 after the application of learning media. This research type was a research and development
consisted of several steps as follows: analysis, planning, design, development, validation and test. Data were
collected by observation, interviews, questionnaires, and tests. Data were analyzed by descriptive statistical
analysis. The results showed that: 1) the development of learning media was analysis (identification of
needs), planning (determination of learning objectives and user); design (preparation of contents, making of
the first design, story board, and research instruments); development (making the media); validation and test
(validation of learning media product by expert), 2) learning media was very feasible according to expert
and 25% of students, and feasible according to 75% of students 3) the students who reached minimum
completeness criteria (KKM) and in high category of knowledge were increased, the knowledge level of C1
in very high category increased, C2 no changed, C3 in low category decreased, and C4 in low category
increased.

Keyword: Sugar and It’s Derivates , Learning Media, Adobe Flash Professional CS6


Full Text:

PDF

References


Apriyani Puji Lestari. (2015). Pengembangan

Multimedia Pembelajaran Interaktif

Gambar Teknik Berbasis Software

Bantu di SMK Binawiyata Sragen

Kelas X Paket Keahlian Teknik

Otomasi Industri. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia

Interaktif dengan Flash. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Asri Apriliasari. (2013). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif pada

Kompetensi Dasar Membuat Minuman

Non Alkohol dengan Menggunakan

Adobe Flash CS3. Skripsi. Universitas

Negeri Yoyakarta

Azhar Arsyad. (2011). Media Pengajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fred Gerantabee. (2012). Adobe Flash

Professional CS6 Digital Clasroom: A

Complete Training Package. Canada:

John Wiley & Sons, Inc.

Hasrul. (2010). Langkah-langkah

Pengembangan Pembelajaran

Multimedia Interaktif. Jurnal Medtek

Volume 2 Nomor 1.

Idwan Suhardi, Rernat Yasman, Onno W.

Purbo. (2013). Penguasaan,

Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi

Informasi dan Komunikasi (TIK) Guna

Kejayaan Bangsa dalam Rangka

Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian

Lemhannas RI Edisi 16. Hlm. 42.

Ikas Shofiani. (2012). Modul Pelatihan

Pembuatan Media Pembelajaran

Menggunakan Adobe Flash CS3

Professional. Diakses dari

https://ikashofiani.files.wordpress.com/

/05/modul-pelatihan-adobe-flashcs3-professional.pdf

pada tanggal 28

November 2015. Jam 16.45 WIB.

Lantip Diat Prasojo dan Riyanto. (2011).

Teknologi Informasi Pendidikan.

Yogyakarta: Gava Media.

Mulya Achdami. (2015). Guru Belum Melek

Teknologi. Harian Nasional (25 Juni

. Hlm. 1. Diakses dari

http://www.harnas.co/

/06/25/gurubelum-melekteknologi

pada tanggal 28 Januari

Jam 13.40 WIB.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2009).

Media Pengajaran. Bandung:

Algensindo.

Ratna Mustikawati. (2013). Pengembangan

Media Pembelajaran Fisika Berbasis

Adobe Flash CS5 untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa Akselerasi

Kelas X Di SMA Negeri 1 Pati Pada

Pokok Bahasan Momentum, Impuls,

dan Tumbukan. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Sari Ayuningsih. (2015). Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif

Menggunakan Adobe Flash CS3 pada

Mata Pelajaran IPS Materi Keadaan

Alam Di Indonesia Kelas VII. Skripsi.

Universitas Muhammadyah Surakarta.

Sudarwan Danim. (1995). Media Komunikasi

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Suharsimi Arikunto. (2009). Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardjo. (1994). Pengukuran Hasil Belajar

Kimia. Yogyakarta: FMIPA

Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainal Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran.

Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i1.6756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1