ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN SOTO KERBAU PADA WARUNG SOTO BU DJATMI KHAS KABUPATEN KUDUS

Setionang Budi, Dewi Eka Murniati, M.M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keputusan pembelian soto kerbau pada warung soto Bu Djatmi khas Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Warung Soto Bu Djatmi di jalan KH. Wachid Hasyim No 43 Kudus. Subjek penelitian pengunjung yang membeli soto kerbau Bu Djatmi dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Populasi penelitian yaitu jumlah pengunjung setiap hari kira-kira 100 orang. Jumlah subjek penelitian diambil sebanyak 10 orang. Validitas instrument menggunakan hasil analisis instrumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui keputusan pembelian soto kerbau pada warung soto Bu Djatmi khas Kabupaten Kudus dipengaruhi oleh price/harga relatif murah, product (soto kerbau) dengan citarasa/aroma khas, place/tempat warung soto Bu Djatmi terjangkau dari berbagai arah, dan process/proses dalam menangani order sudah sangat cepat. Sementara promotion/promosi, people/karyawan dan physical evidence/lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian soto kerbau. Secara keseluruhan yang paling utama pengunjung mengambil keputusan membeli soto kerbau Bu Djatmi adalah produk/rasa dari soto kerbau yang gurih, kuah santannya pas tidak terlalu kental dan rasa daging kerbau tiddak terlalu alot serta aroma daging kerbaunya tidak begitu menyengat sehingga bisa menyesuaikan dengan selera pengunjung. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disarankan hendaknya pihak warung Soto Bu Djatmi untuk tetap mempertahankan kualitas soto kerbau dengan menjaga rasa kuah soto tidak kental, tekstur daging kerbau tidak alot, dan aroma daging kerbau tidak menyengat.


Full Text:

PDF

References


Basu swasta. (200 03). Manajemen Penjualan, Cetakan ke-dua-belas. Yogyakarta: Liberty

Hahn Fred E dan Kenneth G. Mangun. (2002). Beriklan dan Berpromosi Sendiri. Jakarta: PT. Grasindo

Imam Suprayogo dan Tabrani. (2001). Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhasan, Ristiawan. (2009). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Duri Lunak Juwana, Semarang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro. 2010. http://karyailmiah.undip.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5654. Download 10 Februari 2016.

Parse. (1996). Subjek Penelitian Kualitatif. Penerjemah Tim UI. Jakarta: UI Press.

Pradana Jaka Purnama. (2011). Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Toko Murah di Sukoharjo). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. 2012. http://karyailmiah.Undip.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5654. Download 12 Februari 2016

Putri, Ida Ayu Trisna Eka, Agung Sri Sulistyawati, Fanny Maharani Suarka, dan Yuyun Indrawati. (2010). (Eksistensi Dan Esensi Makanan Tradisional Bali Sebagai Penunjang Culinary Tourism Di Kabupaten Badung. Analisis Vol. 10 No. 1 Th. 2010, Hal. 97.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar teori dan perapannya dalam penelitian. Edisi-2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i1.6749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1