FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI DAN FREKUENSI KONSUMSI MAKANAN JAJANAN SISWA KELAS X SMKN 1 SEWON

Anjani Mega Pertiwi, Dr. Badraningsih Lastariwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi makanan jajanan., 2) frekuensi konsumsi makanan jajanan siswa kelas X Tata Boga SMKN 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi makanan jajanan adalah: (a) faktor internal terdiri dari pengetahuan pada kategori tinggi (62,1%); sarapan pada kategori tinggi (58,9%); dan bekal pada kategori sedang (51,6%). (b) Faktor eksternal terdiri dari keluarga pada kategori tinggi (70,5%); teman sebaya pada kategori tinggi (68,4%); media massa pada kategori tinggi (56,8%); dan karakteristik makanan pada kategori sedang (48,4%). (2) Frekuensi konsumsi makanan jajanan yang dominan untuk makanan utama adalah soto (satu sampai dua kali seminggu), makanan panganan adalah gorengan (setiap hari), dan minuman adalah es teh (setiap hari).
Kata kunci: faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi, frekuensi konsumsi, makanan jajanan

 

This research was aimed to find out: 1) the factors that affected street foods consumption, 2) the frequency of street foods consumption of grade X students of culinary of SMKN 1 Sewon. This research was quantitative descriptive. The sample in this research was 95 responden. The sampling technique was the simple random sampling. The data was analysed using descriptive analysis with percentage. The results of this research showed that: 1) the factors that affected street foods consumption were (a) internal factors consisted of knowledge, breakfast, and packed for lunch were 62,1%, high; 58,9%, high; and 51,6%, moderate, respectively (b) external factors consisted of family, peers, mass media, and the characteristics of food were 70,5%, high; 68,4%, high; mass media 56,8%, high; and 48,4%, moderate, respectively. 2) The dominant frequency of consumption of street food for main dish, snack food, and drink were soto (one to times a week), fried foods (every day), and iced tea (every day), respectively.
Keywords: factors affecting consumption, frequency of consumption, street food


Full Text:

PDF

References


Ali Khomsan. (2010). Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Imam Aulia. (2012). Hubungan Antara Karakteristik Siswa, Pengetahuan, Media Massa, dan Teman Sebaya dengan Konsumsi Makanan Jajanan pada Siswa SMA Negeri 68 Jakarta Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia.

Joko Susanto. (2004). Mengolah Menu Dan Bahan Makanan Bagi Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwanti. (2000). Pengetahuan Masakan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Safriana. (2012). Perilaku Memilih Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Garot Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk Peneletian. Bandung: Alfabeta.

Thiruselvakumar D. (2014). Factors Affecting Food Choice And Attitude Of Choosing Food Items Among Adolescents In South India. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 4.

Yunita Safitri. (2009). Kebiasaan Jajan Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDN Lawanggintung 01 Kota Bogor). Jurnal Gizi dan Pangan, Nopember 2009 4(3): 167 – 175.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i8.5347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1