PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN SATE AYAM PONOROGO DI KAWASAN NGEPOS JALAN GAJAH MADA KABUPATEN PONOROGO

Ayud Pranata, Sutriyati Purwanti, M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pelaksanaan strategi bauran pemasaran yang telah
diterapkan oleh para pelaku usaha sate ayam di kawasan Ngepos Kabupaten Ponorogo (2) Tanggapan
konsumen terhadap strategi bauran pemasaran yang telah dilaksanakan oleh para pelaku usaha sate
ayam di kawasan Ngepos Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif. Subjek penelitian populasi adalah lima kedai sate ayam ngepos, sedangkan Penelitian
sampel adalah 100 konsumen sate ayam yang ditentukan dengan teknik non probality sampling
menggunakan rumus slovin. Pengambilan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan Mean, Median, Modus. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan strategi
bauran pemasaran oleh pelaku usaha dinyatakan baik dengan nilai X sebesar 26,89 pada tingkat
ketercapaian 78%. Sedangkan untuk hasil (2) Tanggapan konsumen dinyatakan baik dengan nilai X
sebesar 27,60 pada tingkat ketercapaian 79%.
Kata Kunci: Sate Ayam, Strategi Bauran Pemasaran, Kawasan Ngepos Kabupaten Ponorogo.

 

This research aims to determine (1) The implementation of marketing mix strategy that has
been applied by chicken satay producers in Ngepos, Ponorogo district (2) Consumer responses about
Marketing Mix Strategy which has been carried out by chicken satay producer in Ngepos, Ponorogo
district. This research was a quantitative descriptive study. Subjects of population’s research were five
chicken satay stalls, while the subjects of sample were 100 chicken satay consumers who determined
by non probality sampling tecnique with slovin formula. Data were collected by questionnaires,
interviews and documentations. Data analysis used Mean, Median, Mode. The result of this research
show that (1) The implementation of marketing mix by producer was good by the value of (X= 26.89)
on the level of achievement in 78%. while for the results of (2) Consumer responses was good by the
value of (X=27.60) on the level of achievement in 79%.
Keywords: Chiken Satay, Marketing Mix Strategy, Ngepos, Ponorogo District.


Full Text:

PDF

References


Basu Swasta dan Irawan. (2001).

Manajemen Pemasaran Modern.

Yogyakarta: Liberty.

Indriyo Gitosudarmo, (2000). Manajemen

Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Philip Kotler dan Kevin Keller. (2008).

Manajemen Pemasaran.

Terjemahan: Bob Sabran. Edisi

Jilid 1 Dan 2. Indonesia:

Erlangga.

Philip Kotler. (2009). Manajemen

Pemasaran. Terjemahan: Ratih

Huriyati. Indonesia: PT. Indeks.

Rambat L. (2001). Manajemen Pemasaran

Jasa: Teori Dan Praktek. Jakarta

: PT. Salemba Emban Patria.

Rambat L. dan Hamdani. (2006).

Pemasaran Modern: Jakarta: PT.

Salemba Emban Patria

Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan

Skala Psikologi. Edisi dua.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk

Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Fandy Tjiptono. (2007). Strategi

Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta:

Penerbit Erlangga.

Valerie Zeithaml & Mary Jo Bitner. (2005).

Service Marketing. The McGraw

Hill Companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i6.5286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1