PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BOGA DASAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 4 SURAKARTA

Yuni Irianti, Titin Hera Widi H, M.Pd

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui: (1) pengembangan modul pembelajaran Boga Dasar, (2)
kelayakan modul pembelajaran Boga Dasar, dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
kelas X SMK Negeri 4 Surakarta dengan menggunakan modul Boga Dasar. Jenis penelitian
pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek
penelitian adalah 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, dan 84 siswa. Instrumen berupa
kuesioner dan tes. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data analisis deskriptif. Hasil penelitian: (1)
pengembangan modul pembelajaran Boga Dasar menggunakan model 4D terdiri atas: Define: analisis
kebutuhan, analisis konsep, referensi materi, dan spesifikasi tujuan; Design: pemilihan tema,
pemilihan media, pemilihan format penyajian, dan rancangan awal; Develop: validasi ahli materi dan
media, revisi I, evaluasi ahli materi dan media, produk modul boga dasar, dan uji kelayakan ke
responden; Disseminate: penyebaran modul ke siswa saat penelitian; (2) kelayakan modul
pembelajaran boga dasar dari aspek materi pembelajaran kategori baik, aspek kemenarikan modul
kategori baik, aspek materi kategori baik, penilaian secara keseluruhan kategori baik; dan (3)
peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 4 Surakarta dengan menggunakan modul Boga
Dasar dengan nilai rata-rata posttest > nilai rata-rata pretest (85,06>70,77).

Kata kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Boga Dasar

 

The study aims to determine: (1) the development of learning modules Basic Boga, (2) the
feasibility of Boga Primary learning modules, and (3) use basic culinary learning module can
improve in the class room X in SMK N 4 Surakarta. This type of research development using 4D
models that define, design, develop, and disseminate. Subjects were one media expert lecturers, 1
lecturer matter experts, and 84 students. Instrument in the form of questionnaires and tests. The
validity of the instrument using the formula product moment correlation and reliability using Alpha
formula Croncbach. Descriptive analysis data analysis techniques. RESULTS: (1) the development of
learning modules Basic Boga using the 4D model consists of: Define: needs analysis, concept
analysis, reference materials, and specification of objectives; Design: selection of themes, media
selection, the selection of the presentation format, and the initial draft; Develop: validation expert
and media materials, revision I, the expert evaluation of materials and media, basic catering module
products, and feasibility studies to the respondent; Disseminate: the deployment of modules to
students when the study; (2) the feasibility of learning modules catering basis of aspects of both
categories of learning materials, the attractiveness of the aspects of a good category module, material
aspects of both categories, an overall assessment both categories; and (3) an improved understanding
of the use of learning modules Basic Boga rose shown from the average value posttest> average
pretest score (85.06> 70.77).

Keywords: Development, Learning Module, Basic Boga


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2012). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Strategi dan Tahap

Mengajar. Bandung: CV. Y Rama

Widya.

Daryanto. (2013). Pengembangan Modul

pembelajaran. Bandung: CV.Y Rama

Widya

Oemar Hamalik. (2013). Media Pendidikan.

Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R n D.

Bandung: Alfabeta.

Tuti Soenardi, dkk. (2013). Potongan Bahan

Makan Dan Garnish. Jakarta:

Gramedia




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i6.4141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1