PENGEMBANGAN ALAT PENILAIAN ADOBE FLASH CS6 KOMPETENSI MENGANALISIS HIDANGAN PASTA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Hanum Evin Incalia, Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan alat penilaian berbasis Adobe Flash CS6 untuk kompetensi dasar menganalisis hidangan dari pasta dengan menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta
sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Validitas instrument dengan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Pengujian tingkat kelayakan media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk dengan menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther melalui 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing (validasi ahli media dan ahli materi), dan
distribution dan (2) produk software Adobe Flash CS6 sebagai alat penilaian untuk kompetensi dasar menganalisis hidangan dari pasta, layak untuk diterapkan sebagai alat penilaian di SMK N 4 Yogyakarta.

Kata kunci: Pengembangan Media, Alat Penilaian Berbasis Adobe Flash CS6, Hidangan Dari
Pasta


Full Text:

PDF

References


AH Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif

dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu

Madcoms.(2013). Mahir dalam 7 Hari:

Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Proses

Hasil Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rosda Karya

Oemar Hamalik. (1994). Media Pendidikan.

(Cetakan ke-7). Bandung: PT Citra

Aditya Bakti.

Rahmat Basuki. (2012). Pengembangan

Instrumen Penilaian Portofolio Untuk

Mata Pelajaran Kimia Kelas X

Semester 2 SMA/MA: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto, & Jabar, Cepi

Safaruddin Abdul. (2008). Evaluasi

Program Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1