HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONTINENTAL KELAS XI SMKN1 SEWON

Susi Damayanto, Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM.Kontinental di SMKN 1 Sewon. (2) prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM.Kontinental di SMKN 1 Sewon. (3) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM.Kontinental di SMKN 1 Sewon. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, yang dilaksanakan pada bulan Januari-Juli
2016.Sampel yang digunakan 78 siswa dengan teknik propotionated random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa 25,64% termasuk kategori rendah, 41,03% termasuk kategori sedang, 33,33% termasuk kategori tinggi. (2) prestasi belajar siswa 12,82% termasuk kategori tinggi, 52,56% termask kategori sedang dan 34,62% termasuk kategori rendah. (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar (X) dengan prestasi belajar (Y) di SMK N 1 Sewon. Berdasarkan hasil dari analisis bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 40,1%.

Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, makanan PM.Kontinental.


Full Text:

PDF

References


Abdul Ishak & Deni Darmawan. (2013).

Teknologi Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Asti Wahyuni. (2010). Pengaruh Motivasi

Belajar dan Metode Belajar Terhadap

Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas I

Jurusan Akuntansi SMK Pelita

Nusantara 1 Semarang. Skirpsi. UNY.

Devi Nur Aini. (2007). Hubungan Iklim

Pembelajaran Dengan Motivasi

Berprestasi Siswa Kelas XI Keahlian

Tata Boga SMK Se-daerah Istimewah

Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Disdik. (2012). Permendikbud No 104 tahun

Diakses dari http://disdik.kaltim

prov. go.id. pada tanggal 15 maret 2015.

.

Robert C. Beck. (1990). Motivation Theories And

Principle. New Jersey: Prentice Hall,

Englewood.

Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Santrock, John. W. (2014). Education Psicology.

Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3183

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1