PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ZAT GIZI SUMBER TENAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PURWOREJO

Anggar Dewana Nurmalasari, Rizqie Auliana, M.Kes

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui tahapan pengembangan media video pembelajaran, (2) Mengetahui tingkat pemahaman media video, dan (3) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Gizi dengan materi pokok Zat Gizi Sumber Tenaga sebagai sumber belajar siswa kelas X jurusan jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang menggunakan prosedur 4D yaitu define, design, development, dan disseminate dengan subjek 30 siswa kelas X jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini: (1) Tahapan Pengembangan media video pembelajaran zat gizi sumber
tenaga dengan prosedur 4D yaitu define, design, development, dan disseminate, (2) Tingkat pemahaman sebesar 92,44% atau mudah dipahami, dan (3) Tingkat kelayakan dari aspek media 93,8%, aspek materi 100% dan aspek manfaat 96%, sedangkan kelayakan responden terhadap video pembelajaran secara keseluruhan sebesar 97,4% atau layak digunakan.

Kata kunci: video pembelajaran, zat gizi sumber tenaga


Full Text:

PDF

References


Amini Nasoetion, Riyadi Hadi, dan Mudjajanto

Eddy Setyo. 1995. Dasar – Dasar Ilmu

Gizi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan

Dasar dan Menengah, Direktorat

Pendidikan Menengah Kejuruan, Proyek

Peningkatan Pendidikan dan Kejuruan Non

Teknik II

Arief S. Sadiman. (dkk). (2012). Media

Pendidikan Pengertian, Pengembangan,

dan Pemanfaatan. Jakarta: PT.

Rajagrafindo Persada

Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan.

Yogyakarta : UNY Press

Rizqie Auliana. (2001). Gizi & Pengolahan

Pangan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Puji Astuti dan Latifah. (2012). Pengembangan

Media Pembelajaran Dengan Multimedia

Interaktif Menggunakan Adobe Flash

Untuk Memfasiltasi Keampuan Pemecahan

Masalah Pada Pembelajaran Matematika

SMP Kelas VIII. Skripsi. Universitas Islam

Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Tri Widodo dan Antonius. (1995). Modifikasi Tes

Rumpang untuk Bahan Ajar MIPA. Skripsi.

Semarang : UNNES




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3174

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1