PENERAPAN METODE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA PADA SISWA KELAS XI JASA BOGA SMK NEGERI 3 SUKOHARJO

Aneke Rahmawati, Sri Palupi, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanakan pembelajaran Learning Together untuk meningkatkan kompetensi Pengolahan Makanan Indonesia. 2) Peningkatan kompetensi Pengolahan Makanan Indonesia dengan menggunakan metode Learning Together. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Siklus penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 3 Sukoharjo dengan jumlah 34 siswa dari Oktober-Agustus 2015. Teknik pengumpulan data
dengan tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement, sedangkan uji reliabilitas menggunakan konsistensi antar rater dan tes dengan KR 20. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). 2) Terdapat peningkatan kompetensi membaca resep Pengolahan Makanan Indonesia dengan menggunakan metode Learning Together dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, tindakan pendekatan model Cooperative Learning tipe Learning Together dikatakan berhasil.

Kata Kunci: Learning Together, Model Pembelajaran, Resep Pengolahan Makanan Indonesia

 


Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2007. Kooperatif Learning

(Mempraktikkan Cooperative Learning

di Ruang-ruang Kelas). Jakarta:

Grasindo.

Dyta Charlinasari. 2013. Penerapan Metode

Learning Togetheruntuk Peningkatan

Aktivitas Belajar dalam Pencapaian

Kompetensi Pembuatan Pola Kemeja di

SMK Negeri 1 Pandak.. Skripsi. Universitas

Negeri Yogyakarta.

Endang Mulyatiningsih. 2012. Riset Terapan.

Yogyakarta: UNY Press

Kusnandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian

Tindakan Kelas Sebagai

Pengembangan Profesi Guru. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan

RnD). Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2008. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta. Reneka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3169

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1