PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SMPN 4 KALASAN

Listuhayu Vinindita, Dr. Marwanti, M.Pd Dr. Marwanti, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui penerapan metode pembelajaran Make a match dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran prakarya aspek pengolahan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes objektif pada masing-masing siklus berjumlah 30 soal. Uji coba instrumen diujikan kepada 32 siswa dengan hasil r tabel 0,231. Analisis uji coba instrumen dilakukan dengan program iteman dan diperoleh dari 30 butir soal pada siklus I dan II dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan program iteman dengan hasil siklus I koefisien sebesar 0,639 dan siklus II 0,778. Teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: peningkatan pemahaman siswa kelas VIIC di SMP Negeri 4 Kalasan pada mata pelajaran prakarya aspek pengolahan siklus I 71,87% dan siklus II mencapai 81,25%. Kata kunci: pemahaman, prakarya aspek pengolahan, metode make a match 


Full Text:

PDF

References


Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset

Terapan. Yogyakarta: UNY Press

Lorna Curran. (1996). Lessons for Little

Ones: Languange Arts: Cooperative

Learning Lessons. Kagan

Cooperative Learning

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar

Kurikulum 2013. Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jenderal Pendidikan

Dasar. Jakarta

Mc. Taggart,R dan Kemmis, S. 1990. The

Action Research Planner.

Melbourne: Deakin University

Miftahul Huda. (2012). Metode, Teknik,

Struktur dan Model Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

PP Nomor 54 tahun 2013.Pedoman Mata

Pelajaran Prakarya. Sekretariat

Jendral Depdikbud. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3162

Refbacks



Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1