PERSEPSI PASIEN TENTANG SAJIAN MAKANAN DI RUMAH SAKIT PUSAT ANGKATAN UDARA dr. S. HARDJOLUKITO

Devi Beatrick Sibagariang, Ichda Chayati, M.P

Abstract


Penelitian bertujuan: 1) Mengetahui persepsi pasien tentang sajian makanan meliputi penyajian makanan di
Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito, 2) Mengetahui persepsi pasien tentang sajian makanan
meliputi penampilan makanan, 3) Mengetahui persepsi pasien tentang sajian makanan meliputi rasa makanan 4)
Mengetahui persepsi pasien tentang sajian makanan meliputi variasi menu. Penelitian ini merupakan Penelitian
deskriptif dengan metode survey. Populasinya adalah pasien rawat inap pada 21 Februari – 21 Maret 2018, yang
dirawat di ruang Merak dan Muray Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara dr. S. Hardjolukito. Hasil penelitian: 1)
Persepsi pasien kelas I, II, dan III tentang sajian makanan terhadap penyajian makanan adalah yang tertinggi
dengan hasil sangat baik, 2) Persepsi pasien tentang sajian makanan terhadap penampilan makanan adalah baik, 3)
Persepsi pasien tentang sajian makanan terhadap rasa makanan adalah yang terendah dengan hasil buruk, Indikator
yang mendapatkan nilai rendah adalah keempukan makanan, 4) Persepsi pasien tentang sajian makanan terhadap
variasi menu adalah baik.

Kata kunci  : Persepsi pasien dan Sajian Makanan

This study aims to: 1) know patients’ perception about dish of meal includes meal  serving at dr. S.
Hardjolukito Air Force Center Hospital 2) know patients’ perception about dish of meal includes meal presentation,
3) know patients’ perception about dish of meal such includes taste, 4) know patients’ perception about dish of
meal includes menu variations. This research is a descriptive research with survey method. The population are
hosptalized patients from 2018 February 21
st
  to March 21
st
 , which stayed in Merak and Muray ward of dr. S.
Hardjolukito Air Force Center Hospital. Research results: 1) Patients’ perception in 1
st
, 2
nd
, and 3
 class of Muray
and Merak ward about meal serving is the highest with a very good result, 2) Patients’ perception about meal
presentation is good, 3) Patients’ perception about meal taste is the lowest with bad result  is meal’s tenderness 4)
Patients’ perception about menu variation is good.  
 
Keywords: patients’ perception, dish of meal.


Full Text:

PDF

References


Alzubaidy, Abdul. (2008). Hubungan Tingkat

Kepuasan dengan Sisa Makanan Biasa

pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit

Umum Daerah Kabupaten Fakfak. Skripsi.

Universitas Gadjah Mada.

Ismail, M. E. Dkk. (2018) Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan, Vol. 24, No. 1,

May. Perceptions, Knowledge, And

Attitudes Of Students Towards Safety

Practice In Culinary Laboratories.

Retnaningtyas,Estu. (2004). Upaya Pemanfaatan

Limbah Organik Sebagai Bahan Pangan.

Yogyakarta. Universitas Gajah Mada

Rohanta Siregar, dkk. (2016). Buku Ajar Gizi

Kuliner Dasar. Jakarta : EGC.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Tindakan

Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sobur, Alex. (2011). Psikologi Umum. Bandung.

Pustaka Setia.

Walgito,B. (2010). Pengantar Psikologi Umum.

Edisi 3. Yogyakarta: Adi Offside




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i5.13397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1