PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL RUSSIAN SERVICE UNTUK PEMBELAJARAN TATA HIDANG

Vincentia Ika Dewi Ambarsari, Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1) proses pengembangan media komik digital
Russian Service untuk pembelajaran Tata Hidang; 2) kelayakan pengembangan media komik digital
Russian Service untuk pembelajaran Tata Hidang berdasarkan penilaian oleh Ahli Materi; 3)kelayakan pengembangan media komik digital Russian Service untuk pembelajaran Tata Hidang
berdasarkan penilaian oleh Ahli Media; 4) kelayakan pengembangan media komik digital Russian
Service untuk pembelajaran Tata Hidang berdasarkan penilaian oleh peserta didik. Penelitian ini
merupakan research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen dan angket/kuesioner. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi instrument dengan expert
judgement dinyatakan layak digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) proses
pengembangan pada tahap define dilakukan pendefinisian tujuan dengan studi dokumen dan
wawancara terhadap guru. Tahap design dilakukan dengan merancang produk awal komik digital.
Tahap develop dilakukan dengan mengujicoba kelayakan komik digital pada Ahli Materi, Ahli Media
dan peserta didik. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarluaskan komik digital kepada peserta
didik dan guru Tata Hidang serta mengunggah file ke web resmi jurusan PTBB FT UNY. (2) Hasil
kelayakan oleh Ahli Materi dikategorikan sangat layak dengan rata-rata presentase skor 78,33%. (3)kelayakan oleh Ahli Media dikategorikan sangat layak dengan rata-rata presentase skor 97,92%. (4)kelayakan oleh peserta didik skala terbatas dan besar dikategorikan sangat layak dengan masingmasing
rata-rata presentase skor 80,34%, dan 85,18%.
Kata kunci: media pembelajaran, komik digital, Tata Hidang, Russian Service

This research aims to know: 1) the process of Russian Service digital comic media
development for Restaurant Service learning; 2) the appropriateness of Russian Service digital comic
media for arrangement learning according to material expert; 3) the appropriateness of Russian
Service digital comic media for arrangement learning according to media expert; 4) the
appropriateness of Russian Service digital comic media for arrangement learning based on the
assessment from the students. This research was research and development (R&D) with development
model 4D. In this research, the gathering data techniques were interview, document study and
questionnaire. While, the data in this research was analyzed by using quantitative descriptive analysis.
The results of this instrument showed that he appropriateness trial questionnaire by expert judgement
was stated appropriate to use for a research. The results of this research were: (1) the development
process at define stage in order to determine the purpose of what was done by document study and the
interview with a teacher. Design stage was done by designing the digital comic initial product.
Develop stage was done by trying the appropriateness of digital comic by material expert, media
expert and the students out. Disseminate stage was done by spread the digital comic to the students
and the Restaurant Service teacher and upload the file to the PTBB FT UNY major official web. (2)The results of the appropriateness by material experts were categorized as very appropriate with the
percentage score 78.33%. (3) The appropriateness by media expert was categorized very with
appropriate percentage score 97.92%. (4) The appropriateness by limited scale students and big scale
were categorized very appropriate with each percentage score 80.34%, and 85.18%.
Keywords: learning media, digital comic, arrangement, Russian Service

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Metode

Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Indiria Maharsi. (2014). Komik dari Wayang

Beber sampai Komik Digital.

Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.

Marsum, WA. (2005). Restoran dan Segala

Permasalahannya. Yogyakarta: Andi

Offset

M. S. Gumelar. (2011). Comic Making.

Jakarta: PT Indeks.

Nusa Putra. (2015). Research and Development

Penelitian dan Pengembangan: Suatu

Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Prihastuti Ekawatiningsih. (2017). Table

Setting & Russian Service Baru.

Yogyakarta. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk

Pengembangan Media dan

Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Pendekatan Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian &

Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Umi R & Masduki Z. (2010). Peningkatan

Kualitas Pembelajaran Teknik Digital

melalui Pembelajaran Berbasis Lesson

Study. Jurnal Pendidikan Teknologi

dan Kejuruan, 19, 22-44.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i4.11616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1