PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PEMBUATAN KUE DARI TEPUNG BERAS PADA MATA PELAJARAN KUE INDONESIA DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Zanderiyani Sabrinatami, Wika Rinawati, M.Pd

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)mengembangkan media pembelajaran untuk kompetensi
pembuatan kue Indonesia berbahan dasar tepung beras dengan menggunakan video animasi stop motion; 2)mengetahui kelayakan media video pembelajaran animasi stop motion pada kompetensi pembuatan kue
Indonesia berbahan dasar tepung beras yang berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan siswa.
Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) dengan model 4D. Teknik pengumpulan
data dengan wawancara, angket/kuesioner dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pengembangan video animasi stop motion melalui tahap 4D. Tahap define dengan melakukan studi dokumen
dan wawancara. Tahap design dengan melakukan perancangan hingga tahap pembuatan media. Tahap
develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan siswa. Tahap
disseminate dengan pengunggahan video ke youtube channel Pendidikan Teknik Boga UNY dan dalam
bentuk kepingan CD/DVD untuk guru (2)Kelayakan video berdasarkan penilaian dari 2 ahli materi dengan
presentase yaitu 78% dengan kategori sangat layak, 2 ahli media dengan presentase yaitu 93% dengan
kategori sangat layak, uji coba terbatas siswa dengan presentase 85% dengan kategori sangat layak dan uji
kelayakan siswa dengan presentase yaitu 85% dengan kategori sangat layak.
Kata kunci : Video Stop Motion, Kue Indonesia

The aims of this research are: 1) developing instructional media for the competence of Indonesian
baking cake from rice flour by using stop motion animated video, which is feasible to be applied as
instructional media; 2) knowing the feasibility of stop motion video instructional media on the competence of
Indonesian baking cake from rice flour based on the assessment of material experts, media experts and
students.This is research and development (R & D) with 4D model (Define, Design, Develop, and
Disseminate). The data collection techniques are interviews, question naires and document studies. The
results showed that: (1) Development of stop motion animated video through 4D stage. The define stage
determine the goals by conducting document studies and interviews. The design stageis done by planning
and making the media. The developmental stage need to know the feasibility assessment based on material
experts, media experts, and students. The disseminate stage is done by uploading the video to youtube
channel of Culinary Technical Education UNY with url https://youtu.be/B7eXphzVu_0 and
https://youtu.be/Ehs45ozoV2s and in the form of CD / DVD fragments for the teachers (2) The video
eligibility based on the assessment of 2 material experts with a percentage of 78% with very decent category,
2 media experts with a percentage of 93% with very decent category, limited trial students with 85%
percentage with very decent category and the feasibility test of students with a percentage of 85% with very
decent category.
Keywords : Stop Motion Video, Indonesian Cake

Full Text:

PDF

References


Binanto, I. (2010). Multimedia Digital Dasar

Teori dan Pengembangannya.

Yogyakarta :C.V Andi Offset

Https://www.goodnewsfromindonesia.id diakses

pada tanggal 21 Juli 2018

Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran

Interaktif- Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba

Dipantara

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian

terapan. Bandung : Alfabeta

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk

Pengembangan Media dan Pembelajaran.

Yogyakarta: UNY Press

Prakoso, Gotot. (2010). Animasi (Pengetahuan

Dasar Film Animasi Indonesia). Jakarta :

Nalar

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran

Berbasis Komputer, Mengembangkan

Profesionalisme Abad 21. Bandung :

Alfabeta

Rusman, Kurniawan, D., Riyana Cepi. (2012).

Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informatika dan Komunikasi. Jakarta : PT

RajaGrafindo Persada

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., et al.

(2003). Media Pendidikan (Pengertian,

Pengembangan dan Pemanfaatannya.

Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Sukoco, Arifin, Z., Sutiman, et al. (2014).

Pengembangan Media pembelajaran

Interaktif Berbasis Komputer Untuk

Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik

Kendaraan Ringan, Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan, 22, 215-226.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan

Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i3.11614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1