PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR KOMPETENSI KUE TRADISIONAL DI SLB NEGERI PEMBINA KOTA YOGYAKARTA

Jajang Supriyatna, Dr. Marwanti Marwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan pemahaman siswa tunagrahita pada
kompetensi kue tradisional dari bahan pangan lokal singkong di SLB Negeri Pembina Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian PTK. Subjek adalah siswa-siswi di SLB Negeri Pembina Yogyakarta
berjumlah 11 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes praktik, dan wawancara.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita pada kompetensi olahan kue
tradisional Indonesia di SLB N Pembina Yogyakarta dapat menggunakan media kartu gambar. Hal
tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan kemampuan membaca pada keadaan awal nilai rata-rata
sebesar 46,97, pada siklus I sebesar 53,79, dan pada siklus II sebesar 70,45. Peningkatan pada
keterampilan praktik pada keadaan awal nilai rata-rata sebesar 35,11, pada siklus I sebesar 46,48, dan
pada siklus II sebesar 71,14.
Kata Kunci: kartu gambar, siswa tunagrahita, dan kue tradisional

 

This study aims to determine: the improvement of students understanding of tunagrahita on the
competence of traditional cakes from local cassava food ingredients in SLB Negeri Pembina Yogyakarta.
This research is research of PTK. Subjects are students in SLB Negeri Pembina Yogyakarta amounted to
11 people. Methods of data collection using the assessment of material experts and media experts,
observations, practical tests, and interviews. Data analysis technique used quantitative descriptive
analysis with percentage. The results showed that Improving students' understanding of tunagrahita on
Indonesian traditional cake preparation competence in SLB N Pembina Yogyakarta can use picture card
media. This is shown from the increase in reading ability in the initial state of the average value of 46.97,
in the first cycle of 53.79, and on the second cycle of 70.45. Improvement on practice skill at initial
condition average value equal to 35,11, in cycle I equal to 46,48, and at cycle II equal to 71,14.
Keywords: picture cards, tunagrahita students, and traditional cakes


Full Text:

PDF

References


Budi, Deny Hertanto. (2011). Upaya

Meningkatan Kualitas Kuliah

Jaringan Komputer Melalui

Penerapan Media Pembelajaran

Packet Tracer 5.0. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. Universitas

Negeri Yogyakarta. XX (1), 6.

Pengembangan Media Kartu………(Jajang Supriatna)9

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik

Indonesia No. 20 Tahun 2003.

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kemis & Ati Rosnawati. (2013). Pendidikan

Anak Berkebutuhan Khusus

Tunagrahita. Jakarta. PT. Luxima

Metro Media.

Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 1991.

Tentang Pendidikan Luar Biasa.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif & RND.

Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i3.11590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1