EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK PIUS X MAGELANG

Amaliah Maulani, Dra. Sutriyati Purwanti, M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan yang difokuskan
pada:(1)context tujuan pembelajaran kewirausahaan, (2) input meliputi guru, minat siswa, sarana prasarana dan
alokasi waktu, (3) process pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, (4)product hasil pembelajaran dan
ketercapaian tujuan. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Stuffbleam.
Populasi seluruh siswa X Jasa Boga dan Patiseri sebanyak 118 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik
non random sampling dengan jumlah 50 siswa dari 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara,
kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Hasil penelitian:(1)context menunjukkan bahwa kondisi lingkungan sekolah sangat baik dan
memadai, tujuan pembelajaran setelah lulus diharapkan dapat berwirausaha, (2)input guru mempunyai latar
belakang yang sesuai, minat siswa  sangat rendah dengan hasil presentase 74% jumlah 37 siswa, sarana prasarana
pengadaan buku sudah tersedia, alokasi waktu 1 jam pelajaran, (3)process guru telah membuat perencanaan
pembelajaran, media dan metode memiliki kategori tinggi dengan presentase 42%  jumlah 19 siswa dan guru
menggunakan penilaian dengan teknik tes, (4)product hasil pembelajaran kewirausahaan sesuai dengan
ketentuan guru dan ketercapaian tujuan sudah tercapai secara teori.
Kata kunci : Evaluasi; pelaksanaanpembelajarankewirausahaan

 

This study aims to evaluate the implementation of entrepreneurial learning focused on: (1) context of
learning objectives of entrepreneurship, (2) inputs include teachers, student interests, facilities and time allocation,
(3) process implementation and assessment of learning, (4) learning and achievement of goals. This study uses the
CIPP evaluation model developed by Stuffbleam. The total student population of X Culinary and Patiseri is 118
students. Sampling using non random sampling technique with the number of 50 students from 2 classes. Data
collection using interview methods, questionnaires and documentation. Data analysis technique used is descriptive
qualitative and quantitative analysis. Result of research: (1) context indicate that condition of school environment is
very good and adequate, learning objective after graduation is expected to entrepreneurship, (2) teacher input have
appropriate background, student interest very low with result percentage 74% total 37 student, (3) teacher process
has made learning plan, media and method have high category with 42% percentage total 19 students and teachers
use assessment with test technique, (4) product of learning result of entrepreneurship in accordance with the
provisions of teachers and achievement of objectives have been achieved in theory
Keywords: one or more word(s)or phrase(s), that it’s important, spesific, or representative for the article


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid.2011.Perencanaan Pembelajaran

Mengembangkan Kompetensi Guru

Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan

Nasional (Sisdiknas). Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat PSMK. 2004. Kurikulum SMK Edisi

Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nuning Afriyanti. (2011). Pembelajaran

Kewirausahaan di SMK Piri 1

Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan)Yogyakarta: Fakultas Teknik UNY.

Siti Hartatik. 2011. Evaluasi Pelaksanaan

Pembelajaran pada Mata Pelajaran

Mengelola Usaha Di Jurusan Teknik

Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP)

SMK N 1 Pandak Bantul. Skripsi (tidak d

iterbitkan) Yogyakarta: Fakultas Teknik

UNY.

Slamet. 2011. Peran pendidikan vokasi dalam

pembangunan ekonomi. Cakrawala

Pendidikan.

Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori

Pembelajaran. Semarang: UPT MKK

UNNES.

Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip

& Operasionalnya. Jakarta: Bumi

Aksara.

Suryana, 2003. Kewirausahaan, Pedoman

Praktis, Kiat dan Proses Menuju

Sukses. Jakarta: PT.Salemba Empat.

Suryana, 2006. Manajemen Kelas. Universitas

Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1