PELAKSANAAN PENDIDIKAN ETIKA MAKAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGMALANG

Widya Marta Kismawati, Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara guru dalam menerapkan pendidikan etika
makan pada kelas B1 dan B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangmalang, dan (2) mengetahui proses
pelaksanaan pendidikan etika makan pada kelas B1 dan B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Karangmalang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan setting penelitian di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Karangmalang, dengan subjek penelitian adalah anak-anak kelas B1 dan B2 yang berjumlah 37
anak dan guru kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar pedoman observasi dan pedoman
wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Cara guru
dalam menerapkan pendidikan etika makan pada kelas B1 dan B2 sudah sesuai dengan teori
pembelajaran, yang mengajarkan penggunaan alat peraga sederhana yang diketahui dan dimiliki semua
anak tidak hanya disekolah, namun di rumah juga.; (2) Pelaksanaan pendidikan etika makan dari 37 anak
di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karangmalang menunjukan sebesar 54% atau 20 anak sudah berhasil
melaksanakan.


Kata kunci: Pelaksanaan pendidikan, etika makan

Abstract
This study aims to (1) determine how the teacher in applying of eating ethics education in class B1 and B2 at
Aisyiyah Bustanul Athfal Karangmalang kindergarten, and (2) to determine the implementation process of eathing
ethics education in class B1 and B2 in Aisyiyah Kindergarten Bustanul Athfal Karangmalang. The type of this
research is a descriptive with research setting at kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Karangmalang, with
subject of research are children of class B1 and B2 which amount to 37 child and class teacher. Methods of data
collection used is with interview techniques, observation, and documentation. The research instrument used an
observation guidebook and interview guide. Data analysis according to descriptive. The results of this research
show that: (1) the teacher method in applying the education of eating ethics in class B1 and B2 correspond to the
theory of learning which teaches the use of simple props known and owned by all children not only at school, but at
home as well. (2) Implementation of eating ethics education from 37 children by 54% or 20 children have
successfully implemented.


Keywords: Implementation, education of eating ethics

References


Capt. R. P. Suyono. (2001). Etiket Jamuan

Makan Dan Komunikasi. Jakarta: PT

Gramedia Widiasarana Indonesia.

Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan

Pembelajaran PAUD. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

M. Djunaidi Ghony & Fauzan Almansur. (2012).

Metodologi Penelitian Kualitatif.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mukhammad Murdiono. (2010). Metode

Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia

Dini. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta:

Universitas Negeri Yogyakarta.

Murni. (2014). Usaha PAUD marhadatillah dalam

membentuk kepribadian. Anak usia dini di

kelurahan lapai kecamatan nanggalo.

Jurnal Skripsi. Padang: Universitas

Muhammadiyah Sumatra Barat.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metodologi

Penelitian Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Roestini Chairul Anwar. (1984). Pendidikan

Kesejahteraan Keluarga. Jakarta:

Percetakan Negara RI.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan

Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sohrah. (2016). Etika Makan Dan Minum Dalam

Pandangan Syariah. (Vol. 5, No. 1).

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Ummu Usamah ‘Aliyyah. (2010). Anak Sholih

Beradab Mulia. Yogyakarta: At-Tuqa.

Wiwik Wijayanti. (2008). Peran Pengelolaan

Pendidikan di Taman Kanak-Kanak.

Jurnal Fondasia (Vol.1, Nomor 9). Hlm.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i8.10222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1