SIFAT KEPEMIMPINAN YANG DIMILIKI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Yudi Setiyo, Dr. Kokom Komariah

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui sifat kepemimpinan yang dimiliki siswa kelas X SMK N 3
Purworejo, (2) mengetahui sifat kepemimpinan yang menonjol pada siswa kelas X SMK N 3 Purworejo, (3)
mengetahui keaktifan siswa kelas X dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Purworejo, (4) mengetahui
hubungan antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sifat kepemimpinan. Metode penelitian deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Populasi sebanyak 290 siswa dengan sampel sebanyak 140 siswa
yang ditentukan dengan pengambilan sampel dari Isac dan Michael dengan teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data adalah dengan angket dan observasi. Waktu penelitian yaitu pada bulan Januari – Juli 2017.
Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sifat
kepemimpinan yang dimiliki siswa SMK Negeri 3 Purworejo dengan rata rata 118,86 masuk dalam kategori baik,
(2) sifat kepemimpinan yang paling menonjol adalah sifat kejujuran yaitu dengan ketercapaian 75,80%, diikuti sifat
ketegasan dengan ketercapaian 65,59%, diikuti sifat percaya diri dengan ketercapaian 64,52%, diikuti sifat
kemampuan bersosialisasi dengan ketercapaian 63,21% dan diakhiri sifat kecerdasan dengan ketercapaian 62,14%,
(3) keaktifan siswa kelas X dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Purworejo dengan rata-rata 15,19
masuk dalam ketegori baik, (4) ada hubungan antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sifat
kepemimpinan secara signifikan berdasarkan harga r
hitung
3,856 > taraf signifikansi t
tabel
hitung
= 0,312 > harga r
1,960 serta sumbangan efektif sebesar 9,7%.

Kata kunci: Sifat Kepemimpinan, Ekstrakurikuler, SMK N 3 Purworejo

tabel
0,159 dan nilai taraf signifikansi t

Abstract
The purposes of this research are to (1) determine the nature of leadership that students have in class X of
SMK Negeri 3 Purworejo, (2) determine the prominent of the nature of leadership that students have in class X of
SMK Negeri 3 Purworejo, (3) determine the activity of class X students in extracurricular activities in SMK Negeri
3 Purworejo, (4) determine connection between activity in extracurricular and the nature of leadership. This
research is a descriptive quantitative research with survey approach. The populations of this research are 290
students and the samples of this research are 140 students determined using random sampling technique from Isac
and Michael. Techniques to collect the data in this research use questionnaire and documentation. The research is
conducted from January to July 2017. Data analysis is done using descriptive quantitative analysis and associative
analysis. The results of the study show (1) the nature of leadership that students have in class X of SMK Negeri 3
Purworejo with mean 118,86 is classified in good category, (2) the prominent of the characters of leadership that
students have in class X of SMK Negeri 3 Purworejo are honesty with achievement percentage 75,80%, assertive
with achievement percentage 65,59%, self confidence with achievement percentage 64,52%, social with
achievement percentage 62,14%, and intelligence with achievement percentage 63,21%, (3) the activity of class X
students in extracurricular activities in SMK Negeri 3 Purworejo with mean 15,19 is classified in good category,
(4) the connection between activity in extracurricular and the nature significantly positive based on r
= 0,312
> r
table
0,159 and significant t
count
3,856 > t
1,960 and the contribution of 9,7%.

Keywords: The Nature of Leadership, Extracurricular, SMK N 3 Purworejo

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan

Karakter Di Sekolah (Konsep dan Praktik

Implementasi). Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Anita Lie. (2003). 1001 Cara Menumbuhkan

Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex

Media Komputindo.

Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto. (2015). Evaluasi

Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa

Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3

Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi

dan Kejuruan. 22 (III). Hlm. 274-290.

Hamzah B. Uno, (2006). Orientasi Baru Dalam

Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi

Aksara.

Harbani Pasolong. (2013). Kepemimpinan

Birokrasi. Bandung: Alfabeta.

Kartini Kartono. (2010). Pemimpin dan

Kepemimpinan. Jakarta : PT.Raja Grafindo

Persada.

Kun Maryati & Juju Suryawati. (2007). Sosiologi

untuk SMA dan MA Kelas X KTSP Standar

Isi 2006. Jakarta: Erlangga.

Sifat Kepemimpinan Yang .... (Yudi Setiyo)

Margono S. (2003). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Nanjundeswaraswamy T. S. & Swamy D. R.

(2014). Leadership Styles. Advances In

Management Journal. 7 (II). Hlm. 57-62.

Ngalim Purwanto. (2008). Administrasi dan

Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Northouse, Peter G. (2016). Leadership : Theory

and Practice, 6

th

edition (Kepemimpinan:

Teori dan Praktik,Edisi Keenam).

Penerjemah : Dr. Ati Cahayani. Jakarta :

Indeks.

Oemar Hamalik. (2001). Pengembangan SDM

Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan

Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi

Aksara.

Republik Indonesia. (2004). Himpunan Peraturan

Perundang-undangan Republik Indonesia

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen.

Bandung: Alfabeta.

Syamsudin, A.R. & Damaianti, V.S. (2011).

Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. (2010). Konsep dan Makna

pembelajaran. Alfabeta : Bandung.

T. Hani Handoko. (2001). Manajemen : Edisi 2.

Yogyakarta: BPFE.

Waskito, A. A. (2016). Kamus Bahasa Indonesia.

Jakarta: Wahyu Media.

Yukl, Gary. (2013). Leadership in Organizations,

Eighth Edition. New York: Prentice Hall

Publishing.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i8.10219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1