PERBEDAAN GAYA BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN X JASA BOGA PADA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMKN 6 YOGYAKARTA

Nurlia Syafitri, Dr. Kokom Komariah

Abstract


Abstrak  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kecenderungan gaya belajar siswa kelas X Jasa Boga pada
pelajaran Ilmu Gizi di SMKN 6 Yogyakarta, 2) Kecenderungan gaya belajar siswa laki-laki  3) kecenderungan
gaya belajar siswa perempuan. 4) perbedaan gaya belajar antara siswa laki-laki dan perempuan X Jasa Boga pada
pelajaran Ilmu Gizi di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian merupakan penelitian komparatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan  uji One Way
Anova.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa kelas X Jasa Boga pada pelajaran ilmu gizi cenderung
belajar dengan gaya auditori yaitu sebesar 71,9%. 2) siswa laki-laki  kelas X Jasa Boga  cenderung  belajar dengan
gaya visual  yaitu sebesar  91,7%. 3) siswa perempuan  kelas X Jasa Boga cenderung belajar dengan gaya auditori
yaitu sebesar 74%. 4) terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan  kelas X Jasa
Boga pada pelajaran Ilmu Gizi, dimana siswa laki-laki lebih cenderung dengan gaya visual (p: 0,036) sedangkan
siswa perempuan lebih cenderung dengan gaya auditori (p: 0,001).  

Kata kunci : gaya belajar, visual, auditori, kinestetik, ilmu gizi

 

Abstract
The objectives of this study were: 1) the tendency of learning styles of students of X culinary in nutrition
science subject  at SMKN 6 Yogyakarta, 2) the tendency of learning style of male students 3) the tendency of
learning style of female students. 4) differences of  learning styles between male and female students of X Culinary
on nutrition science subject  at SMKN 6 Yogyakarta. This type of research is a comparative study. Technique of
collecting data using questionnaire with likert scale.Hypothesis testing using One Way Anova test. The results
showed that: 1) The students of X Culinary in nutrition science tend to learn with auditory style that is equal to
75,3%. 2) male students of X Culinary class tend to learn with visual style that is equal to 83,3%. 3) female
students of X Culinary class tend to study with auditory style that is equal to 74%. 4) there are significant
differences between learning styles of male and female students of  Culinary classgrade X  on Nutrition science
where male students were more likely to be visual style (p: 0.036) while female students were more likely to be
auditory style (p: 0.001).


Keyword : learning style, visual, auditory, kinesthetic, nutrition science


Full Text:

PDF

References


Andia, K.D dan Niken, T.P. (2012).Gaya Belajar

ditinjau dari tipe kepribadian dan jenis

kelamin.Jurnal Psikologi Indonesia.Vol.

, No. 2. Hal 88-98.

Azhar, Arsyad. (2008). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan

Metode Pembelajaran dalam Dinamika

Belajar Siswa. Yogyakarta : Deepublish

DePorter, Bobby dan Hernacki, Mike. (2009).

Quantum Learning: Membiasakan

Belajar Nyaman dan Menyenangkan.

Bandung : Kaifa

Endang, Mulyatiningsih. (2013). Metode

Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Ricky Arnold, Nggili. (2016). Belajar Any

Where. Jakarta: Guepedia online publisher

Santrock, John. W. (2007).Perkembangan Anak

(edisi kesebelas). (terjemahan Mila

Rachmawati dan Anna Kuswanti). Jakarta

: Penerbit Erlangga. (Edisi asli diterbitkan

tahun 2007 oleh The McGraw-Hill

Companies, Inc. Texas).

Shoimatul, Ula .S. (2013). Revolusi Belajar :

Optimalisasi Kecerdasan melalui

Pembelajaran Berbasis Kecerdasan

Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik

Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Sunita, Almatsier. (2009). Prinsip Dasar Ilmu

Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Tim. (2016). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir

Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiratna, Sujarweni. V. (2014). Metodologi

Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i7.10213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1