PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA RESTORAN PAPA RON’S PIZZA DI YOGYAKARTA

Wiwin Suhartantin, Sutriyati Purwanti, M.Si

Abstract


ABSTRAK
 Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) penerapan strategi bauran pemasaran yang
dilakukan oleh Papa Ron’s Pizza Yogyakarta, yang meliputi : product, price, place, promotion,
people, process dan physical evidence. (2) tanggapan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran
yang dilakukan. Penelitian merupakan penelitian deskriptif, dengan tujuan membuat deskripsi secara
sistematis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data yang didapat berupa data
interval skala Likert angka 1-4, 4 untuk tanggapan sangat setuju dan 1 untuk tanggapan sangat tidak
setuju. Teknik analisis data dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Strategi
bauran pemasaran yang dilakukan Papa Ron’s Pizza menurut pengelola  terhadap aspek product,
price, place, people, process, dan physical evidence adalah kategori tinggi dan aspek promotion,
pengelola menyatakan pada kategori sedang,  (2) Tanggapan konsumen terhadap strategi bauran
pemasaran yang dilakukan Papa Ron’s Pizza adalah termasuk kategori sedang pada aspek product,
price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Apabila dilihat dari kategori rendah
(tanggapan konsumen tidak baik), aspek promosi mempunyai prosentasi paling tinggi yaitu 17%
dibandingkan aspek bauran pemasaran lainnya.

Kata kunci: Penerapan strategi bauran pemasaran, Papa Ron’s Pizza Yogyakarta

 

ABSTRACT
 The purpose of this research is  to find: (1) the application of marketing mix strategy conducted
by Papa Ron’s
 Pizza Yogyakarta, which includes: product, price, place, promotion, people, process
physical evidence, and (2) consumer’s response to marketing mix implementation. This research was
descriptive research, with purpose to make a systematic description. Technique of collecting data
used questionaire and data was collected by using 1-4 Likert scale, 4 is for very agree statement and
1 for very disagree statement from respondent. Data analysis techniques used distribution of
frequency. The results of the study show that: (1) marketing mix strategy by Papa Ron’s Pizza
according to restaurant manager confirm that  product, price, place, people, process, and physical
evidence aspects are  in high category and medium category for promotion aspect. (2) Consumer’s
response about Papa Ron’s Pizza marketing mix strategy  is in medium category,  for  product, price,
place, promotion, people, process, and physical evidence aspects. However, in low category
(consumer’s bad response), promotion aspect has the highest percentage for 17% among the other
aspects of marketing mix.
Keywords: Implementation marketing mix strategy, Papa Ron’s Pizza Yogyakarta


Full Text:

PDF

References


Arief Rakhman. 2014. Total Marketing.

Yogyakarta : Kobis.

Indriyo Gitosudarmo. 1994. Manajemen

Pemasaran, : Yogyakarta : BPFE

UGM.

Rambat Lupiyoadi, 2001. Manajemen

Pemasaran Jasa Teori dan Praktek,

Edisi satu. Salemba Empat. Jakarta.

Sofjan Assauri. 2011. Manajemen

Pemasaran, Dasar, Konsep, dan

Strategi. Jakarta : RajaGrafindo

Persada.

Sugiyono. 2006. “Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D”.

Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur

Penelitian. Jakarta: PT. Renika

Cipta.

Thamrin Abdullah dan Francis Tantri.

Manajemen Pemasaran.

Jakarta : RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i6.10205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1