POLA MAKAN DAN STATUS GIZI SISWA PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 1 KALASAN

Dewi Masitoh, Dr. Mutiara Nugraheni

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui  pola makan Siswa Progam Keahlian Jasa Boga di SMK N 1
Kalasan, (2)mengetahui  status gizi Siswa Progam Keahlian Jasa Boga di SMK N 1 Kalasan. Penelitian ini
merupakan penelitian survey.Ukuran sampel sebanyak 127, ditentukan dengan teknikProportionate Stratified
Random Sampling. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1)pola makan siswa Jasa Boga di SMK Negeri 1Kalasan
adalah makanan pokok (nasi  putih (94%)), lauk hewani (telur ayam (10%)), lauk nabati (tahu (26%)), sayuran
(wortel (11%)), buah-buahan (pisang (14%)), camilan kering (bahan terigu (15%) ), camilan basah (gorengan
(26%)), makanan tinggi gula(permen (20%)), minuman (air mineral (100%)),  susu dan produk olahannya (susu
kental manis (18%)), jajanan (sosis (6%)), (2)status gizi pada siswa progam keahlian jasa boga di SMK Negeri 1
Kalasan dikelompokkan menjadi kurus (3%), normal (90%), gemuk (3%), obesitas (1%). Faktor aktivitas fisik,
jenis kelamin, usia, dan status social ekonomi dilihat dari pendapatan orang tua tidak sesuai dengan hasil
penelitian ini.
Kata kunci: Pola Makan, Status Gizi

 

Abstract
This research  was aimed  to find out: (1) the dietary habits of students of succescor progam Culinary Services at
SMK Negeri 1 Kalasan, (2) their nutritional status. This was a  survey.  The sample, consisting of 127 students, was
selected by means of the Proportionate Stratified Random Sampling.  The result of  this research showed  that.
(1)  the dietary  habits  of  students  of  the  Culinary  Services  at  SMK  Negeri 1Kalasan mostly  consumed  the
staple food (white rice(94%)), the animal sidedish (chicken egg (10%)), the vegetable side dish (tahu (26%)), the
vegetable (carrot (11%0), the fruit (banana (14%)), the dry snack (wheat flour (15%)), the wet snack (fried food
(26%)), food hight in sugar (candy (20%)), the drink (mineral water (100%)), milk and diary milk (sweetened
condensed milk (18%)), snacks (sausage (6%)), (2) the nutritional status of students of the Culinary Services at
SMK Negeri 1 Kalasan categorized on the nutritional status of underweight(3%), normal(90%), overweight (3%)
and obese were (1%). Factors of physical activity, gender, age, social status and economic views from the income
of the parents is not in accordance with the results of this research
Keywords ; dietary habits, nutritional status


Full Text:

PDF

References


Anonim.(2014). Pedoman Gizi

Seimbang.Diakses dari gizi.depkes.go.id,

pada tanggal 3 Juli 2016 jam 12.00 WIB

Anonim.(2013). Manfaat Biscuit, Cokelat, dan

Permen. Diakses dari

www.kompasiana.com, pada tanggal 23

April 2017 jam 10.00 WIB.

Ari Istiany &Rusilanti.(2013). Gizi Terapan.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Cakrawati.(2012). Bahan Pangan, Gizi, dan

Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Carolina. (2016). Hubungan Tingkat

Pengetahuan dan Sikap Keluarga.

Diakses dari

ojs.dinamikakesehatan.stikessarimulia

pada tanggal 20 April 2017jam 13.00

WIB.

Cris Barker. (2005). Cultural Studies: Teori dan

Praktik. Yogyakarta.PT. Bentang

Pustaka.

Endang Mulyatiningsih. (2013).

MetodePenelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunita Almatsier. (2012). “Prinsip Dasar Ilmu

Gizi “. Jakarta. Gramedia Pustaka Umum.

Sugiyono. (2007). Metode PenelitianPendidikan

, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: CV. Alfa Beta.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian.

Bandung: CV. Alfa Beta

Widianti, A.T. & Proverawati, A. (2010).Senam

Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wulan Safitri. (2015). Hubungan Body Image,

Pola Konsumsi, dan Aktivitas Fisik

dengan Status Gizi Siswi SMA N 63

Jakarta. Diakses

darirepository.unijkt.ac.id pada tanggal

Mei 2017 jam 12.00 WIB.

Wahid Iqbal Mubarak. (2012). Ilmu Kesehatan

Masyarakat Konsep dan Aplikasi dalam

Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i6.10203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1