ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMKN 3 PURWOREJO

Aswatun Khasanah, Dr. Endang Mulyatiningsih

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor internal yang menyebabkan siswa kelas X jurusan Tata
Boga SMK Negeri 3 Purworejo mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Ilmu Gizi. (2) mengetahui faktor
eksternal yang menyebabkan siswa kelas X jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Purworejo mengalami kesulitan
dalam mempelajari materi Ilmu Gizi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Tata Boga yang
berjumlah 90 orang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Tata Boga yang berjumlah 95
orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus slovin dan purposive
sampling..Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dengan skala likert. Uji validitas
instrument yang digunakan adalah validasi isi dan validitas konstruk, sedangkan untuk reliabilitas instrument
menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa memiliki kecenderungan mengalami kesulitan belajar Ilmu
Gizi yang disebabkan oleh: Faktor internal yang menyebabkan siswa mengalai kesulitan belajar meliputi faktor
motivasi dengan prosentase sebesar 50% berkategori sangat rendah, faktor minat memiliki prosentase sebesar
71,11% berkategori rendah, faktor sikap dengan prosentase sebesar 65,55% berkategori rendah, faktor kognitif
dengan prosentase sebesar 67,77% berkategori rendah, faktor kesehatan dengan prosentase sebesar 65,55%
berkategori rendah. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar meliputi faktor
lingkungan sekolah dengan prosentase sebesar 60% berkategori rendah, faktor lingkungan keluarga dengan
prosentase sebesar 44,44% berkategori rendah, faktor lingkungan masyarakat dengan prosentase sebesar 56,66%
berkategori rendah

Kata kunci: faktor, kesulitan belajar, ilmu gizi

 

Abstract
This study aims to (1) know the internal factors that cause the students of class X Department of Culinary SMK
Negeri 3 Purworejo have difficulty in studying Nutrition Science material. (2) to know the external factors that
cause the students of X class of Department of Culinary SMK Negeri 3 Purworejo have difficulty in studying
Nutrition Science material. The population of this study is the students of X class of Department of Culinary which
amounts to 90 people. The population of this study is all students of X class of Department of Culinary which
amounts to 95 people. Sampling technique used is by using the formula slovin and purposive sampling ..
Techniques of collecting data using questionnaires or questionnaires with Likert scale. Instrument validity test used
is content validation and construct validity, while for instrument reliability using Alpha Cronbanch formula. Data
analysis used is quantitative descriptive analysis technique. Based on the results showed that students have a
tendency to have difficulty learning Nutrition Science caused by: Internal factors that cause students to learn
difficulty include the factor of motivation with percentage of 50% very low category, interest factor has a
percentage of 71.11% low category, Attitude with percentage equal to 65,55% categorized low, cognitive factor
with percentage equal to 67,77% low category, health factor with percentage equal to 65,55% categorized low. (2)
External factors that cause students experiencing learning difficulties include school environmental factors with a
percentage of 60% low category, family environmental factors with a percentage of 44.44% low category,
community environmental factors with a percentage of 56.66% categorized low.

Keyword: factors, learning difficulty, nutrition science


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010).Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Bandung:

Alfabeta

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan.

Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan

Kesulitan-Kesulitan Belajar.

Bandung: Tarsito

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja

Grafindo

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik

Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi

Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2006). Metodologi Penelitian

Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D).Bandung:

Alfabeta

Sugiyono.(2015). Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta

Sukaswanto. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar

Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika

dan Kekuatan Material. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan Kejuruan. Yogykarta:

Universitas Negeri Yogyakarta

Syah, M. (2004).Psikologi Pendidikan

dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i5.10090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1