Aktivitas bromance penggemar K-Pop di akun anonim Twitter

Yovita Pramesti Cahyarani, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Awanis Akalili, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interpretasi aktivitas bromance penggemar Kpop di akun anonim Twitter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode netnografi. Subjek dari penelitian ini adalah penggemar boy grup ATEEZ yakni ATINY Indonesia yang kerap melakukan aktivitas bromance di akun anonim Twitter yag dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam (in-depth interview) dan observasi-partisipan. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informa n penelitian aktif berpartisipasi dalam menikmati, membagikan, dan memproduksi produk budaya yang dihasilkan dari aktivitas bromance, dengan produk yang paling digemari adalah Alternate Universe (AU). Kedelapan informan juga memenuhi dua kepuasan yakni Hedonic Gratifications dan Social Gratifications.

Kata Kunci : aktivitas bromance, akun anonim Twitter, fandom K-Pop online.

 

Abstract

            The purpose of this study was to find out the interpretation of K-pop fans' bromance activities on anonymous Twitter accounts. The approach used in this research is descriptive qualitative with netnographic method. The subjects of this study were fans of the ATEEZ boy group, namely ATINY Indonesia, who often carry out bromance activities on anonymous Twitter accounts selected by purposive sampling technique. Data collection techniques in this study were in-depth interviews and participant- observation. Test the validity of the data using data source triangulation techniques. The results showed that research informants actively participated in enjoying, sharing, and producing cultural products resulting from bromance activities, with the most popular product being Alternate Universe (AU). The eight informants also fulfilled two satisfactions, namely Hedonic Gratifications and Social Gratifications.

Keywords : bromance activity, anonymous Twitter accounts, online K-Pop fandom.

Keywords


aktivitas bromance, akun anonim Twitter, fandom K-Pop online

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v6i2.20944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yovita Pramesti Cahyarani, Awanis Akalili

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats