REPRESENTASI BUDAYA BALI DALAM IKLAN YOU-C1000 VERSI “HARI BAHAGIA” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Putu Fahrudin, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Suranto Aw, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan representasi budaya Bali yang terdapat dalam iklan You-C1000 versi Hari Bahagia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan dari iklan televisi You-C1000 versi hari bahagia, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dengan menyaksikan dokumentasi berupa video iklan, baik melalui televisi maupun You Tube. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dengan cara membandingkan data dari scene, narasi dan tagline. Analisis data menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes dengan perbandingan konotasi, denotasi, serta mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Visualisasi iklan You-C1000 versi Hari Bahagia bercerita tentang masyarakat Indonesia yang saling membantu satu sama lain dalam perayaan pernikahan, serta masih menjaga budaya gotong royong saat acara pernikahan tersebut berlangsung. Dalam scene, gambaran visual iklan diwakili oleh pernikahan adat Bali, Jawa serta pernikahan modern. 2) Representasi budaya Bali dalam iklan You-C1000 versi Hari Bahagia disampaikan melalui scene-scene dalam iklan yang menggambarkan makna realitas perayaan pernikahan adat di Bali, yaitu kuatnya rasa kekeluargaan serta masyarakat yang masih memegang teguh adat dan budaya.

 

Kata Kunci : You-C1000, Representasi, Budaya, Semiotika Roland Barthes, Budaya Bali


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i4.16345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Putu Fahrudin, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats