PENGARUH TERPAAN TAYANGAN DRAMA KOREA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KULINER KOREA
Shafir Walida Haq,
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Suranto Aw,
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh terpaan tayangan drama Korea terhadap keputusan pembelian produk kuliner Korea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian survei.Β Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang termasuk dalam kategori mahasiswi K-popers dalam rentang umur 21 sampai 24 tahun. Pengolahan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan berusia 20-24 tahun di Sleman, Yogyakarta dengan jumlah 18.082 orang. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling, dan ditentukan sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara terpaan tayangan drama Korea terhadap keputusan pembelian produk kuliner Korea dimana πβππ‘π’ππ lebih besar dari ππ‘ππππ (0,588 > 0,163). Hasil dari uji signifikansi menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan jika hipotesis diterima sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara terpaan tayangan drama Korea terhadap keputusan pembelian produk kuliner Korea.
Β
Kata kunci: terpaan media, keputusan pembelian, K-Pop, kuliner Korea, drama Korea
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative CommonsΒ Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.