PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO TERHADAP KETERAMPILAM LISTENING BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SDN PERUMNAS 03 DEPOK SLEMAN
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peengaruh penggunaan media pembelajaran audio terhadap keterampilan listening bahasa ingris kelas V SD N Perumnas 03 Depok Sleman. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Desaign. Dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Desaign. Populasi penelitian adalah seluruh kelas V SD N Perumnas 03 depok sleman, dengan sampel kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Random. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket. Teknik analisi data dengan uji- t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil post- test kelas eksperimen yaitu 76, 67 dan kelas kontrol yaitu 61, 61 dan nilai 4> . Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post tes kelas eksperimen yang menggunakan media audio dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Hasil analisis lembar angket respon siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 73,44 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 55,78 dan nilai 5,534 > . Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran audio terhadap keterampilan listening bahasa inggris kelas V SDN Perumnas 03 Depok Sleman
Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil post- test kelas eksperimen yaitu 76, 67 dan kelas kontrol yaitu 61, 61 dan nilai 4> . Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post tes kelas eksperimen yang menggunakan media audio dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Hasil analisis lembar angket respon siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 73,44 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 55,78 dan nilai 5,534 > . Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran audio terhadap keterampilan listening bahasa inggris kelas V SDN Perumnas 03 Depok Sleman
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.