EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU HURUF JEPANG PADA PELAJARAN BAHASA JEPANG TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitaspenggunaan media pembelajaran Kartu Huruf Jepang pada pelajaran bahasa jepang terhadap penguasaan kosakata bahasa jepang siswa kelas X SMA Negeri 4 Magelang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Subyek penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA N 4 Magelang yang masing- masing kelas berjumlah 26 siswa.Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu Huruf Jepang lebih efektif dari pembelajaran konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dari analisis data hasil belajar siswa dengan T hitung 1,265lebih besar dari T tabel 0,190 pada derajat bebas (df) 50 dan taraf signifikansi 0,012 lebih kecil dari 0,05.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.