PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JAM HITUNG BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 DI SD N 3 BANJAREJO KECAMATAN PURING DAN SD N SUGIHWARAS KECAMATAN ADIMULYO KABUPATEN KEBUMEN

Yusup Fitra Adipriyadi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Jam Hitung Bilangan Bulat terhadap hasil belajar siswa kelas 4 di SD N 3 Banjarejo dan SD N Sugihwaras Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan subjek penelitian siswa kelas 4 SD N 3 Banjarejo dan SD N Sugihwaras, yang berjumlah masing-masing 18 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest SD N Sugihwaras sebelum diberikan treatment sebesar 6,8 termasuk dalam kategori baik. Setelah diberikan treatment dengan menggunakan Jam Hitung Bilangan Bulat, nilai rata-rata yang di dapat mencapai 8,05 dan masuk kedalam kategori sangat baik. Terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 1,25. Persentase ketuntasan hasil belajar sebelum diberi treatment sebesar 27,7%, menjadi 94,4% sebagai hasil belajar setelah diberikan treatment. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Jam Hitung Bilangan Bulat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N Sugihwaras.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter