KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BY UTILIZATION DI SDN CATURTUNGGAL 6
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sumber belajar by utilization yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran; (2) Kemampuan guru memanfaatkan sumber belajar by utilization; dan (3) Implikasi pemanfaatan sumber belajar terhadap kualitas guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah model interaktif menurut Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sumber belajar by utilization yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran meliputi lingkungan sekitar sekolah, lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik, dan belajar di luar sekolah. Kemampuan guru memanfaatkan sumber belajar by utilization, yakni secara keseluruhan semua guru kelas mampu memanfaatkannya, tetapi masih belum maksimal. Implikasi pemanfaatan sumber belajar terhadap kualitas guru dalam proses pembelajaran adalah guru lebih bisa memberikan motivasi lebih besar, memaksimalkan waktu pembelajaran, dan memaksimalkan kreatifitas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.