PENGARUH TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok yang berjumlah 71 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian belajar melalui google form dan dokumentasi hasil pembelajaran jarak jauh berupa Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran IPA. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok sebesar 87.8 kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial tingkat kemandirian belajar siswa kategori tinggi diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.323, tingkat kemandirian belajar siswa kategori sedang diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.105, tingkat kemandirian belajar siswa kategori rendah diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.363, dan tingkat kemandirian belajar tinggi, sedang, rendah secara bersama-sama diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0.674, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran jarak jauh Mata Pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta.
Kata kunci: Tingkat Kemandirian Belajar, Hasil Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran IPA
Kata kunci: Tingkat Kemandirian Belajar, Hasil Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran IPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.