PENGEMBAGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI DI SDN LABUHAN JAMBU TARANO SUMBAWA NUSA TENGGARA BARAT

Dwi Fadhila Damayanti, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku cerita bergambar untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar di SDN Labuhan Jambu dan (2) mengetahui kelayakan buku cerita bergambar untuk meningkatkan literasi digital pada siswa sekolah dasar di SDN Labuhan Jambu. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba yaitu 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan mengubah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkannya produk buku cerita bergambar untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, buku cerita bergambar ini memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 4,00. Berdasarkan uji coba lapangan awal, buku cerita bergambar menunjukkan hasil Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,33, dan pada uji lapangan utama menunjukkan hasil Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 3,43. Berdasarkan hasil penilaian ahli media, ahli materi dan uji coba yang dilakukan pada siswa yang masing-masing penilaian tersebut termasuk ke dalam kategori sangat baik, dengan demikian buku cerita bergambar layak untuk digunakan dalam meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar kelas tinggi di SDN Labuhan Jambu.
Kata Kunci: buku cerita bergambar, literasi digital, siswa sekolah dasar kelas tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter