PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP KISAH TELADAN WALISONGO UNTUK SISWA KELAS IV DI SD N 1 PUNDONG

Resma Trianto, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media buku Pop-up Kisah Teladan Walisongo yang layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran materi Walisongo di kelas 4. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan 7 tahap model Borg and Gall, yaitu penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama dan penyempurnaan produk akhir. Subjek dalam penelitian dan pengembangan adalah siswa kelas 4 dan guru PAI di SD N 1 Pundong, SD N Kategan dan SD N Tulung. Dalam kegiatan uji coba menggunakan subjek 5 siswa dan 1 guru PAI untuk uji coba lapangan awal, serta 21 siswa sebagai subyek uji coba utama. Teknik pengumpulan data terdiri dari kegiatan wawancara, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket penilaian guru dan angket tanggapan siswa Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari validasi ahli materi 1 sangat baik (3.92), hasil validasi ahli materi 2 sangat baik (3.77), hasil validasi ahli materi 3 sangat baik (3.92), hasil validasi ahli media 1 sangat baik (3.82), hasil validasi ahli media 2 sangat baik (3.86), hasil validasi ahli media 3 sangat baik (3.86), hasil uji coba lapangan awal kepada guru PAI sangat baik (3.92), hasil uji coba lapangan awal kepada siswa sangat layak (100%), dan hasil uji coba lapangan utama kepada siswa sangat layak (100%).
Kata kunci: pengembangan media, buku pop-up, kisah teladan Walisongo

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter