MODEL PEMBELAJARAN PARENTING BRAINDIS (BRAINSTORMING AND DISCUSSION) UNTUK ORANG TUA SISWA SDN KABREGAN KEC. PIYUNGAN KAB. BANTUL DIY

Arrum Melati Devinta P., Teknologi Pendidikan FIP UNY, India

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran parenting dan mengetahui kelayakan model pembelajaran parenting BRAINDIS tersebut pada orang tua siswa di SDN Kabregan, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development model Borg and Gall dengan 9 langkah pengembangan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Produk yang dihasilkan berupa model pembelajaran parenting BRAINDIS layak digunakan untuk orang tua siswa di SDN Kabregan; (2) Kualitas model pembelajaran parenting yang dikembangkan ini layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian ahli pembelajaran memperoleh skor rata-rata 4,35 kategori layak, hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,7 kategori layak, uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 0,96 kategori layak, dan uji coba lapangan akhir memperoleh skor rata-rata 0,97 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba yang dilakukan terhadap model pembelajaran parenting BRAINDIS yang dikembangkan adalah layak.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Parenting Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter