PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK IPA DENGAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEJAMBON 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik bermuatan IPA siswa kelas V SD Negeri Kejambon 2 pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis & Mc Taggart. Dilaksanakan di SD Negeri Kejambon 2, Kecamatan Sindumartani, Kabupaten Sleman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran dapat meningkatkan proses dan hasil belajar. Peningkatan proses dan hasil belajar siswa dapat dilihat dari penilaian aktivitas siswa dan data tes hasil belajar kognitif siswa. Skor rata-rata siswa kondisi awal atau semula 49,4 (20%) kemudian pada siklus I meningkat menjadi 79,2 (80%) setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Kata kunci: hasil belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif, STAD
Kata kunci: hasil belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif, STAD
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.