PROGRAM LITERASI MEMBACA PERPUSTAKAAN ALAM DI DESA MERGOSONO BUAYAN KEBUMEN

Ferdian Septiawan, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan program literasi membaca Perpustakaan Alam. 2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi program literasi membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek pengelola Perpustakaan Alam, peserta program literasi membaca dan masyarakat Desa Mergosono. Metode Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perpustakaan Alam memiliki program literasi membaca yang didalamnya mencakup kegiatan kelas membaca, kelas bermain, kelas inspirasi dan kelas karya untuk meningkatkan literasi dalam menjalankan fungsinya sebagai Taman Bacaan Masyarat (TBM). Penyelenggaraan program literasi membaca dilaksanakan dengan tiga tahap, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) faktor yang mendukung dan menghambat program literasi Perpustakaan Alam meliputi faktor internal dan eksternal. Yaitu kemauan anak; mengikuti program literasi, pengelola dan sang inspirasi yang kompeten, dukungan orang tua serta suasana dan sarana yang mendukung pembelajaran. Faktor penghambat meliputi kurangnya koleksi buku yang berkaitan dengan program dan terbatasnya anggaran dana operasional kegiatan.
Kata Kunci : Program, literasi membaca, Taman Bacaan Masyarat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter