PENGELOLAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA MAGELANG

Hilmawan Nur Ramadhan, Teknnologi Pendidikan FIP UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kegiatan pengelolaan pembelajaran akidah akhlak, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, 3 guru mata pelajaran akidah akhlak kelas X dan XI, siswa kelas X dan Xi. Metode pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan proses pengelolaan pembelajaran terbagi menjadi 3 yaitu, perencanaan meliputi dari penyusunan RPP, bahan ajar, dan media pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran meliputi dari kegiatan pendahuluan yang berisikan guru melakukan apersepsi, pre-test, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan nasihat, kegiatan inti yang berisikan model pembelajaran yang diterapkan problem based learning, konstektual, dan kooperatif learning , metode pembelajaran yang diterapkan yaitu ceramah, diskusi, presentasi dan tanya jawab, strategi pembelajaran yang diterapkan secara berbeda-beda, media pembelajaran yang digunakan yaitu media visual, dan kegiatan penutup yang berisikan guru merangkum isi pembelajaran secara lisan dan tertulis, dan memberikan feedback kepada siswa secara langsung, dan evaluasi pembelajaran yang terdiri dari evaluasi sumatif yang meliputi ujian tertulis dan lisan, dan evaluasi formatif yang dilakukan secara terjadwal. Hambatan yang terjadi yaitu adanya kekurang fasilitas media pembelajaran yang kurang tersedia.
Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Akidah Akhlak, Madrasah Aliyah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter