HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PENGELOLAAN PEMBELAJARAAN DENGAN SIKAP, MOTIVASI, DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 BATURETNO, WONOGIRI

Brilia Bella Pangestika, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang pengelolaan pembelajaran dengan sikap, motivasi, dan kedisiplinanan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 300 siswa SMA Negeri 1 Baturetno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi tentang pengelolaan pembelajaran dengan sikap, dilihat dari hasil penelitian menunjukkan 0,748 > 0,361; 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi tentang pengelolaan pembelajaran dengan motivasi, dilihat dari hasil penelitian menunjukkan 0,650> 0,361; 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi tentang pengelolaan pembelajaran dengan kedisiplinan belajar, dilihat dari hasil penelitian menunjukkan 0,602> 0,361 . Kesimpulan penelitian ini adalah semakin baik tingkat persepsi tentang pengelolaan pembelajaran maka semakin baik pula sikap, motivasi, dan kedisiplinan belajar siswa.
Kata kunci : persepsi, pengelolaan pembelajaran

Abstract
This research aims to know the correlation between perception of learning management with attitude, motivation, and dicipline student’s learn in SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri. This research use quantitative approach. The subject in this research amounted to 300 students SMA Negeri 1 Baturetno, Wonogiri. The results showed that 1) There is a positive and significant relation between student’s perception about learning management with attitude, seen from result of research show 0,748> 0,361; 2) There is a positive and significant correlation between students's perceptions of learning management with motivation, seen from the results of the study showed 0.650> 0.361; 3) There is a positive and significant correlation between student’s perception about learning management with discipline student’s learn, seen from result of research show 0,602> 0,361. The conclusion of this research is the higher the level of student’s perception of learning management with attitude, motivation, and learning of cycle student until
the higher the trainees results.
Keyword : perception, learning management


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter