PENGEMBANGAN FILM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MATERI KASIH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM REVOLUSI MENTAL

Raynaldo Andrew Ariadie, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendiikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan film pendidikan yang layak digunakan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) kelas X Sekolah Menengah Atas dengan materi Kasih, serta untuk mengetahui hasil validasi kelayakan oleh ahli serta mengetahui hasil uji coba oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi prosedur tahapan pengembangan model Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh dua ahli media memperoleh skor rata-rata 3,83 kategori layak, dan hasil validasi oleh dua ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,92 kategori layak. Respon peserta didik terhadap film pendidikan berdasarkan hasil uji coba kepada peserta didik yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak. Dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 0,98 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba film pendidikan adalah layak.
Kata kunci: Film Pendidikan, Pendidikan Agama Kristen Sekolah Menengah Atas, Revolusi Mental

Abstract
This research and development aims to produce a decent educational film used for the subjects of X Grade Christian Religious Education of High School with the materialabout Love, as well as to know the results of feasibility validation by experts and know the results oftrials by learners. This research uses development type of research by adopting development stages procedure by Borg and Gall. Data collection techniques used observation, interviews, documentation and questionnaires. Data analysis using quantitative descriptive method. The results of validation by two media experts obtained an average score of 3.83 feasible categories, and the results of validation by two material experts earned an average score of 3.92 feasible categories. Student response to educational film based on test result to learners that was on trial product earned average score 1 feasible categories. And trial usage earned an average score of 0.98feasible categories. The overall result of the educational film trials is feasible.
Keywords: Educational Film,Christian Education for High School, Mental Revolution


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter