IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SIYONO 1 KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta hambatan yang ditemui guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di kelas 1 dan 4 SD Negeri Siyono 1 Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala SD Negeri Siyono 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cek anggota dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan persiapan pembelajaran guru telah menyusun RPP dengan mengunduh RPP yang sudah disediakan di web kemendikbud dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. Pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran secara tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 metode yang digunakan guru sudah bervariasi, namun siswa kelas 4 masih terbiasa dengan metode pembelajaran konvensional. Penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaian diskusi, kinerja, portofolio dan tertulis. Ada beberapa kendala yang dihadapi dari penyesuaian penggunaan metode, kurangnya fasilitas sekolah, dan evaluasi yang cukup memberatkan guru. Pembuatan rapor juga menjadi kendala yang disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam mendeskripsikan suatu penilaian.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar
Abstract
This study aims to describe learning planning, learning implementation, learning assessment, and obstacles encountered by teachers in the implementation of Curriculum 2013 in grade 1 and 4 SD Negeri Siyono 1 Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. This research is a qualitative research. The subjects of this study are teachers, students, and head of SD Negeri Siyono 1. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. The main instrument is a researcher using observational guidance and interview guides. Data were analyzed by data reduction, data presentation, and conclusions. Technique examination of data validity using member check and triangulation. The results showed that in the preparation of learning activities teachers have compiled RPP by downloading the RPP that has been provided on the kemendikbud’s web and tailored to the condition of the school The implementation of 2013 Curriculum learning teachers have implemented integrative thematic learning, using the approach of scientific learning, and learning models in accordance with the concept of 2013 Curriculum. The learning activities of methods used by teachers have varied, but grade 4 students are still familiar with conventional learning methods. In the 2013 Curriculum learning appraisal, teachers have used authentic assessments to assess students' attitudes, knowledge and skills. Authentic Assessments that teachers use include observation, discussion, performance, portfolio and written assessment. There are some constraints by the adjustment of the use of methods, lack of school facilities, and evaluations that are quite burdensome to teachers. The making of report cards is also an obstacle due to the lack of ability of teachers in describing an assessment.
Keywords: Implementation, Curiculum 2013, Elementary School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.